Menghitung Peluang Menang Dua Kandidat Calon Wakil Bupati Kolaka Timur

Musdar, telisik indonesia
Senin, 25 Juli 2022
0 dilihat
Menghitung Peluang Menang Dua Kandidat Calon Wakil Bupati Kolaka Timur
Kandidat calon Wakil Bupati Kolaka Timur, Abdul Aziz dan Diana Massi. Mereka akan memperebutkan 25 suara pada pilwabup yang digelar 28 Juli 2022. Foto: Ist.

" Keunggulan Aziz dikarenakan 8 suara gabungan dari PAN, Gerindra dan Demokrat sebagai partai pengusung sudah ia kantongi "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Kolaka Timur akan digelar tiga hari lagi. Kandidat calon Wakil Bupati Abdul Aziz, untuk sementara unggul ketimbang Diana Massi.

Keunggulan Aziz dikarenakan 8 suara gabungan dari PAN, Gerindra dan Demokrat sebagai partai pengusung sudah ia kantongi. Sedangkan Diana Massi baru mengantongi 3 suara dari PDIP, partai yang mengusungnya.

Kemudian Aziz juga mengunci suara NasDem, pemegang 8 suara dan terbanyak di pilwabup . Hal ini diakui Abdul Azis selaku Sekretaris DPW NasDem Sulawesi Tenggara. Azis yakin 8 kader NasDem di DPRD Koltim tegak lurus mendukung Abdul Aziz, karena perintah dukungan ke Aziz langsung dari Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh.

Dengan tambahan NasDem, Aziz mengantongi 16 suara. Bila dihitung dari suara yang ada, Aziz berpeluang besar untuk menang karena mengantongi lebih dari setengah total suara yakni 16 dari 25 suara pemilih.

Aziz juga sudah berkomunikasi dengan PKS. Komunikasi yang ada menjadi pertimbangan PKS untuk mendukung Aziz. PKS memegang 3 suara. Jika suara PKS jatuh ke Aziz, maka Aziz mengantongi 19 suara.

Baca Juga: AHY Tetapkan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Sebagai Ketua Demokrat Kolaka Utara

Sementara Diana Massi telah membangun komunikasi dengan Golkar. Dari komunikasi yang ada, Ketua DPD Golkar Kolaka Timur, Andi Sakra mengungkapkan, 2 suara Golkar condong ke Diana Massi.

"Kalau Golkar itu tinggal melihat situasi. Tapi kalau yang ada komunikasi dengan Golkar itu Diana, kalau Aziz belum ada komunikasi dengan kita. Kalau komunikasi Golkar akan ke situ (dukung Aziz) tapi kita tidak tahu apakah Diana bisa pegang Fraksi Golkar tergantung Diana," kata Andi Sakra.

Bila Diana bisa mempertahankan 2 suara Golkar hingga hari pemilihan, maka istri mantan Bupati Koltim almarhum Samsul Bahri Madjid itu mengantongi 5 suara. Tersisa 1 suara dari PBB.

Pengamat politik, Andi Awaluddin Ma’ruf mengatakan, dengan dukungan parpol dan kecenderungan dukungan yang ada, maka Abdul Aziz lebih berpeluang untuk memenangkan pilwabup ketimbang Diana Massi.

Namun kata Awaludin, dalam kontestasi di DPRD, selain lobi parpol, dukung atau tidaknya juga ditentukan oleh personal dari anggota DPRD.

"Namanya dunia tarik menarik suara itu dinamis. Perubahan itu segala kemungkinan bisa saja terjadi," ungkap dosen politik UM Kendari ini, Senin (25/7/2022).

Di lain pihak, PDIP tetap optimis jagoannya akan memenangkan pilwabup meski sejumlah parpol cenderung mendukung Aziz.

Ketua DPC PDIP Kolaka Timur, Aris Mego mengungkapkan, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan baik bersama  parpol maupun pemilik suara.

"Lihat saja seperti apa tiga hari ke depan. Kan anggota DPRD yang memilih. Terpulang kepada anggota DPRD mau pilih siapa," ucapnya.

Baca Juga: Kunci NasDem, Abdul Aziz Bidik 3 Suara PKS di Pilwabup Kolaka Timur

Berikut jadwal dan tahapan Pilwabup Kolaka Timur sisa masa bakti 2021-2026:

-21-22 Juli 2022

Pendaftaran cawabup

-26 Juli 2022

Penetapan dua nama dan nomor urut cawabup.

-27 Juli 2022

Penyampaian visi misi cawabup.

-28 Juli 2022

Pemungutan dan perhitungan suara

Penetapan hasil pemungutan dan perhitungan suara. (A)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga