Kunci NasDem, Abdul Aziz Bidik 3 Suara PKS di Pilwabup Kolaka Timur

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 24 Juli 2022
0 dilihat
Kunci NasDem, Abdul Aziz Bidik 3 Suara PKS di Pilwabup Kolaka Timur
Kedua kandidat calon Wakil Bupati Kolaka Timur sisa masa bakti 2021-2026. Pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur akan dilaksanakan pada 28 Juli 2022. Foto: Ist

" Dengan dukungan NasDem, Abdul Aziz dipastikan telah mengantongi 16 dari 25 suara pada pilwabup di DPRD Koltim "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Calon Wakil Bupati Kolaka Timur, Abdul Aziz, telah mengunci 8 suara NasDem pada pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Koltim yang akan digelar pada 28 Juli mendatang.

Hal itu dipastikan setelah pengurus DPW, DPD dan Fraksi NasDem DPRD Koltim bersepakat mendukung Abdul Aziz.

Sekretaris DPW NasDem Sulawesi Tenggara, Abdul Azis mengatakan, alasan mendukung Abdul Aziz karena visi misi mantan anggota kepolisian itu sejalan dengan visi misi NasDem maupun mantan Bupati Koltim, almarhum Samsul Bahri Madjid.

Abdul Aziz menegaskan, dukungan tersebut merupakan perintah langsung dari DPP sehingga dukungan ke Abdul Aziz final dan tak bisa diganggu gugat. Jika ada kader yang membelot, maka partai akan memberikan sanksi.

Namun Azis yakin jika seluruh kader NasDem di DPRD Koltim kompak mendukung Abdul Aziz.

"Yah kompak karena pada saat penelaahan visi misi dari calon (Abdul Aziz), semua anggota Fraksi NasDem di DPRD sepakat mendukung Abdul Aziz," ungkap Azis, Minggu (24/7/2022).

Baca Juga: Dualisme, Ketua Partai Berkarya Sulawesi Tenggara Pilih Pindah ke PRIMA

Dengan dukungan NasDem, Aziz dipastikan telah mengantongi 16 dari 25 suara pada pilwabup di DPRD Koltim. 8 dari NasDem dan 8 lainnya dari partai pengusung yakni 2 Gerinda, 4 PAN dan 2 suara Demokrat.

Sementara kandidat Diana Massi telah mengantongi 3 suara dari PDIP sebagai 1 dari 4 partai pengusung (Gerindra, PAN, Demokrat dan PDIP). Sisanya dari partai non pengusung yakni 3 PKS, 2 Golkar dan 1 suara dari PBB.

Selain NasDem, Abdul Aziz rupanya membidik suara PKS. Ketua DPW PKS Sulawesi Tenggara, Yaudu Salam Ajo mengatakan, hingga kini PKS belum menarik kesimpulan akan mendukung siapa.

Tetapi dari kedua kandidat, baru Abdul Aziz yang telah membangun komunikasi dengan PKS. Komunikasi ini dapat menjadi pertimbangan untuk PKS mendukung Abdul Aziz.

"Apakah itu nanti (ke depan mendukung Abdul Aziz) atau bukan, belum ada keputusan karena sifatnya masih komunikasi. Selama keputusan belum ada, kita selalu terbuka," ucap Yaudu.

Untuk diketahui, Pilwabup Koltim akan diselenggarakan melalui mekanisme voting oleh anggota DPRD Koltim.

Baca Juga: KPU Jawa Timur Keliling 4 Daerah, Cek Kesiapan Logistik Pemilu 2024

Berikut jadwal dan tahapan Pilwabup Koltim sisa masa bakti 2021-2026:

-21-22 Juli 2022

Pendaftaran cawabup

-26 Juli 2022

Penetapan dua nama dan nomor urut cawabup

-27 Juli 2022

Penyampaian visi misi cawabup

-28 Juli 2022

Pemungutan dan perhitungan suara

Penetapan hasil pemungutan dan perhitungan suara. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga