Nama Kabupaten Muna dan Muna Barat Diusul Revisi jadi Wuna agar Hoki

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 02 Juli 2023
0 dilihat
Nama Kabupaten Muna dan Muna Barat Diusul Revisi jadi Wuna agar Hoki
Kaum Milenial Wuna, La Ode Rahmat Apiti dan Kadis Kominfo Persandian Muna, Muhamad Haidar. Foto: Ist.

" Sebentar lagi atau tepatnya 4 Juli, Kabupaten Muna akan merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-64. Begitu pula dengan Kabupaten Muna Barat akan merayakan HUT ke-9 pada 23 Juli mendatang "

MUNA, TELISIK.ID - Sebentar lagi atau tepatnya 4 Juli, Kabupaten Muna akan merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-64. Begitu pula dengan Kabupaten Muna Barat akan merayakan HUT ke-9 pada 23 Juli mendatang.

Serangkaian kegiatan untuk memeriahkan hari jadinya itu telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna dan Muna Barat.

Di balik perayaan ulang tahun itu, kaum milenial Wuna mengusulkan agar nama Kabupaten Muna dan Muna Barat direvisi menjadi Kabupaten Wuna.

Baca Juga: Kemendagri Penentu Kadis Dukcapil Muna

La Ode Rahmat Apiti, kaum milenial Wuna mengaku, bila perubahan nama kabupaten ada mekanisme administrasi yang harus dilalui. Namun, secara politik sudah harus dideklarasikan mulai saat ini.

Menurut pria yang karib disapa Odet itu, perubahan nama penting sehingga semangat kultural kembali terbangun.

Nama Wuna akan jadi perekat di tengah masyarakat, sehingga tidak ada seletingan Muna susah maju karena nama saja warisan kompeni yang merupakan penjajahan budaya.

"Bila direvisi menjadi nama Wuna akan membawa hoki," kata Odet, Minggu (2/7/2023).

Odet mengaku, proses revisi nama tentu harus merevisi UU pembentukan Kabupaten Muna dan Muna Barat. Nah untuk itu, sebagai masukan dan saran, agar Pemkab dan DPRD dapat memfolow up.

"Saya meyakini tokoh masyarakat dan tokoh adat, setuju dengan hal ini karena Muna akan kembali ke kejayaan masa lalu bila dikembalikan ke nama Wuna," ujarnya.

Baca Juga: Desa Moolo Belum Tersentuh Jaringan Telekomunikasi, Ini Upaya Pemkab Muna

Merevisi nama, bukan hal yang tabuh. Ia mencontohkan beberapa daerah di Indonesia mengembalikan ke nama kultural. Sebut saja Irian Jaya, sejak reformasi, masyarakat mengusulkan perubahan nama menjadi Papua. Begitu pula Makassar sebelumnya lebih dikenal dengan nama Ujung Pandang.

Sementara itu, Kadis Kominfo dan Persandian Muna, Muhamad Haidar menerangkan, usulan revisi nama kabupaten itu sangat baik. Namun, harus kembali didudukan bersama-sama lagi.

"Saya pikir usulannya menarik. Karena memang Muna ini lebih dikenal dengan Wuna. Jadi, tinggal dikaji dulu bersama-sama," ujarnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga