OPPO A57, HP Rp 2 Jutaan yang Tahan Debu dan Air

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 27 April 2023
0 dilihat
OPPO A57, HP Rp 2 Jutaan yang Tahan Debu dan Air
HP OPPO A57 yang diklaim tahan air dan debu serta menjadi HP paling tahan di kelas Rp 2 jutaan. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" OPPO A57 hadir sebagai HP dengan harga Rp 2 jutaan yang diklaim tahan debu dan air. Hadir sebagai HP varian A series dari OPPO yang punya desain menarik. Selain itu, HP ini punya beberapa fitur seperti opsi RAM extension untuk menambah performa, dukungan pengisian cepat SuperVOOC 33W "

KENDARI, TELISIK.ID - OPPO A57 hadir sebagai HP dengan harga Rp 2 jutaan yang diklaim tahan debu dan air. Hadir sebagai HP varian A series dari OPPO yang punya desain menarik. Selain itu, HP ini punya beberapa fitur seperti opsi RAM extension untuk menambah performa, dukungan pengisian cepat SuperVOOC 33W, dan lainnya.

Dikutip dari Carisinyal.com, OPPO A57 memang dipasarkan dengan harga yang relatif murah. Walaupun demikian, HP ini memiliki desain yang mewah dibanding ponsel lain di kelas yang sama. Tidak tanggung-tanggung, OPPO menghadirkan desain premium bernama OPPO Glow.

Bodi belakangnya juga dilengkapi lapisan khusus yang membuat jamur dan sidik jari tidak mudah menempel. Tidak hanya itu, dibagian tepian bodi juga nampak sedikit menonjol. Hal ini bertujuan melindungi layar saat HP jatuh.

Baca Juga: HP Redmi Meledak saat Main Game, Bocah 8 Tahun Tewas dengan Jari Putus dan Darah Berceceran

Tidak hanya itu, kamera belakang HP OPPO terbaru ini memakai modul kamera yang minimalis. Di bodi belakang HP terdapat dua buah kamera besar yang berjejer ke bawah dilengkapi LED Flash. Keunggulan lain ponsel ini ialah sudah dilengkapi sertifikasi IP54. Hal ini membuat HP lebih aman digunakan kala beraktifitas.

Selain desain bodi dan desain kamera baru, OPPO A57 juga mengalami peningkatan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 163,8 x 75,1 x 8 mm dengan berat 186 gram. 

OPPO A57 juga punya kemampuan tahan dari air dan debu Tentu bukan IP58 atau IP57. OPPO A57 hanya dibekali fitur kemampuan tahan debu IP5X dan tahan air IPX4. Atau kalau digabungkan IP54, adanya sertifikasi IP5X dan IPX4, membuat OPPO A57 bisa cukup tahan saat digunakan ketika terkena atas dari bagian tertentu, seperti dari bagian atas. Selain itu, angka IP5X menandakan kalau ponsel punya kemampuan tahan debu yang cukup baik untuk kelas harganya. 

Kemampuan serupa ini dimiliki pula oleh ponsel seperti OPPO A96 yang harganya lebih mahal. Karena itu, kehadiran IP54 di ponsel ini patut diapresiasi. Mengingat jarang ada ponsel Rp 2 jutaan yang punya fitur serupa. 

Hal ini juga diakui oleh Dzulkifli yang merupakan pegawai dari Erafone Cell M.T. Haryono yang mengklaim ketahanan dari HP OPPO ini.

“Iya, HP ini cukup tahan dan bisa dimainkan sama anak-anak karena memang dirancang untuk menjadi HP yang kuat di levelnya,” ungkapnya pada Kamis (27/4/2023).

Selain itu untuk urusan kamera, OPPO berusaha menghadirkan sektor kamera dengan kualitas mumpuni agar pengguna ponsel Android 4G ini masih bisa memotret dan merekam dengan nyaman di HP ini. Maka, produsen memasang 2 kamera belakang dan sebuah kamera depan dengan spesifikasi kekinian.

Untuk kamera utama, OPPO memasang sensor 13 MP. Kamera tersebut memiliki bukaan f/2.2, dilengkapi autofocus berteknologi open-loop focus motor. Lalu kamera kedua memiliki resolusi 2 MP memiliki fungsi sebagai kamera AI. Kamera ini punya bukaan f/2.4. Mode yang ditawarkan memang sederhana termasuk Portrait, Sticker, Panorama, Pro Mode, Time Lapse dan Short Video.

Untuk kamera selfie, resolusinya 8 MP (f/2.0). Menariknya, OPPO menghadirkan fitur mode malam di kamera depan ini. Seperti yang disampaikan oleh Jihan yang juga merupakan pegawai dari Erafone Cell M.T. Haryono.

Baca Juga: Saingi Samsung, Oppo Luncurkan HP Lipat Bertajuk Oppo Find N2 Flip

“Iya HP-nya bagus untuk selfie, sama bisa dipakai pada saat malam karena sudah ada mode malamnya,” ungkapnya.

Perihal perekaman video, resolusi FHD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi FHD 30 fps. Menariknya, audio yang dihasilkan video cukup jelas dan bersih.

Untuk kalian Telisiker yang tertarik membeli HP ini, OPPO A57 dibanderol mulai dari 2,3 Juta di toko-toko HP terdekat. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga