Dua Unit Water Cannon Dikerahkan Kawal Unjuk Rasa Tolak TKA

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 07 Juli 2020
0 dilihat
Dua Unit Water Cannon Dikerahkan Kawal Unjuk Rasa Tolak TKA
Aksi unjuk rasa penolakan kedatangan TKA China. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Kami sampaikan bahwa pada dasarnya kami tidak menolak investasi, tapi yang kami mau adalah investasi tersebut dilalukan dengan cara-cara yang benar, kami menolak TKA di massa pandemi ini. "

KENDARI, TELISIK.ID - Aksi penolakan kedatangan TKA asal China gelombang ketiga dijadwalkan tiba di Sultra hari ini, Selasa (7/7/2020) kembali dilakukan oleh berbagai elemen.

Massa dari berbagai elemen kembali melakukan aksi demonstasi menolak kedatangan TKA gelombang ketiga dan berpusat di simpang empat Bandara Haluoleo di Desa Ambaipua, Kecamatan Ranomeeto, Konawe Selatan (Konsel).

Puluhan aksi masa tersebut terlibat saling dorong dengan aparat Kepolisian yang mengawal aksi unjuk rasa tersebut. Sedikitnya dua unit Water Cannon dan satu unit kendaraan taktis (Rantis) Polisi disiapkan di titik aksi tersebut.

Baca juga: Tolak TKA Gelombang Tiga, Pendemo Berkumpul di Perbatasan Kota

Dalam orasinya, Ketua HMI Cabang Kendari, Sulkarnain mengatakan, jika massa yang berada di area Bandara Haluoleo adalah massa yang sejak awal konsisten menolak kedatangan TKA di Sultra karena masih massa pandemi.

"Kami sampaikan bahwa pada dasarnya kami tidak menolak investasi, tapi yang kami mau adalah investasi tersebut dilalukan dengan cara-cara yang benar, kami menolak TKA di massa pandemi ini," kata Sulkarnain dalam orasinya.

Sementara itu, salah satu perwakilan HMI Cabang Konawe juga menyatakan dengan tegas penolakanya terhadap TKA. Sebab, kata dia, hingga saat ini masih banyak karyawan PT VDNI dan PT OSS yang dirumahkan karena pandemi Corona dan hingga saat ini belum kembali berkerja.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Kardin

Baca Juga