US Tingkat SMA/SMK Digelar Akhir Maret, Secara Daring dan Luring

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 02 Maret 2022
0 dilihat
US Tingkat SMA/SMK Digelar Akhir Maret, Secara Daring dan Luring
Suasana pengayaan siswa-sisiwi SMAN 1 Kendari. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Pelaksanaan US ini sudah disesuaikan dengan kalender pendidikan. Artinya sudah mengacu pada jadwal yang telah ditetapkan di seluruh suatu pendidikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra telah menetapkan jadwal Ujian Sekolah (US) pada tanggal 21 sampai 28 Maret untuk jenjang SMA/SMK.

Untuk tingkat SLB akan dimulai dari tanggal 21 - 26 Maret. Di mana pelaksanaan US tahun ini, akan digelar secara daring dan luring.

Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio, Ph.D, mengatakan, pelaksanaan US ini sudah disesuaikan dengan kalender pendidikan. Artinya sudah mengacu pada jadwal yang telah ditetapkan di seluruh suatu pendidikan.

"Kita mengikuti jadwal yang telah ada, di mana pada akhir bulan ini, US harus sudah dilakukan di seluruh jenjang SMA/SMK dan SLB. Meskipun di tengah pandemi COVID-19 yang masih terus mewabah di seluruh wilayah," ungkapnya kepada Telisik.id, Rabu (2/3/2022).

Lanjut dia, terkait pelaksanaan US di tengah pandemi COVID-19, akan dilakukan secara terbatas, di mana akan digelar dengan dua tahap yaitu secara daring dan luring.

"US kita siapkan dengan dua tipe, yaitu secara online dan tertulis. Untuk online, akan berlaku bagi siswa yang terdampak atau mengalami gejala-gejala pandemi COVID-19, dan yang tertulis akan berlaku bagi siswa yang tidak terjangkit penyakit itu bisa mengikuti US di sekolah, yang tentunya dilakukan secara terbatas, dan tetap mengutamakan protokol kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: 80 Persen Kepala Sekolah di Wakatobi Milenial

Sementara itu, Kabid SMA Dikbud Sultra, La Samahu mengungkapkan, US tahun ini dikelola sepenuhnya oleh pihak Dikbud, mulai dari pembuatan soal serta sistem pelaksanaannya.

"Karena ini merupakan ujian penentu kelulusan, jadi proses dan mekanismenya kita yang atur. Di mana untuk soalnya itu kita desain secara teratur dan tersistematis, sesuai dengan pedoman kurikulum K13 yang berlaku," katanya.

"Untuk materi soalnya diambil dari kelas (X) sebesar 20 persen, kelas (XI) 30 persen, dan kelas (XII) sebesar 50 persen," sambungannya.

Ia juga menyebutkan, pihak Dikbud juga menjadwalkan ujian susulan, yang diperuntukkan bagi siswa yang berhalangan mengikuti US.

"Ujian susulan untuk tingkat SLB akan dilaksanakan 28 Maret, dan SMA/SMK tanggal 29 Maret," ujarnya.

Baca Juga: UHO Kendari Batal Berlakukan Kuliah Tatap Muka Penuh

Dia berharap seluruh siswa harus mempersiapkan diri dari sekarang, dengan belajar yang tekun, karena waktu pelaksanaan US hanya tinggal beberapa minggu lagi. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, terus belajar dan perbanyak pengetahuan, sehingga bisa meraih hasil maksimal di US.

Di sisi lain, Kepala SMAN 1 Kendari, Ruslan mengatakan, untuk US, SMAN 1 Kendari sudah benar-benar siap untuk melaksanakan. Mulai dari fasilitas sampai hal-hal lainnya.

"Untuk kesiapan, sudah sangat siap, seperti peralatan protokol kesehatan yang sudah lengkap, serta kesiapan para siswa-siswi yang dijamin sudah siap baik secara fisik dan mental. Karena selama beberapa minggu terakhir, kita adakan pengayaan bagi siswa untuk persiapan mereka mengikuti US. Jadi saya rasa para siswa sudah siap untuk mengikuti ujian penentu kelulusan itu," pungkasnya. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga