Pelihara Kucing Bisa Turunkan Resiko Stres dan Hilangkan Kesepian

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 10 Mei 2024
0 dilihat
Pelihara Kucing Bisa Turunkan Resiko Stres dan Hilangkan Kesepian
Hewan berwajah imut, kucing, menjadi teman hidup manusia dan menjadi pengurang resiko stres. Foto: Repro Istockphoto

" Hewan peliharaan, khususnya kucing, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan mental manusia. Dapat menjadi alternatif yang efektif untuk menjaga kesehatan mental "

KENDARI, TELISIK.ID - Hewan peliharaan, khususnya kucing, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan mental manusia. Dapat menjadi alternatif yang efektif untuk menjaga kesehatan mental.

Bersumber dari kumparan.com, memelihara kucing tidak hanya tentang memiliki hewan peliharaan, tapi juga tentang merawat kesehatan mental kita. Salah satu manfaat utamanya adalah kemampuannya dalam mengurangi risiko stres.

Kucing seringkali memberikan ketenangan dengan suara dengkurannya yang khas saat tidur.

Baca Juga: 8 Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan Pasangan Suami Istri

Manfaat lain dari memelihara kucing adalah kemampuannya dalam mengurangi gejala gangguan kecemasan. Bermain dan menghabiskan waktu bersama kucing dapat mengurangi rasa kesepian dan kecemasan yang sering kali dialami seseorang.

Selain itu, memelihara kucing juga dapat membantu dalam mengurangi risiko serangan jantung. Saat bermain bersama kucing, tingkat stres yang dialami seseorang bisa berkurang, yang pada akhirnya dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

Tidak hanya itu, memelihara kucing juga dapat meningkatkan produksi hormon dopamin, yang bertanggung jawab atas rasa senang. Saat berinteraksi dengan kucing, produksi hormon dopamin dapat meningkat, membuat suasana hati menjadi lebih baik dan memicu rasa bahagia.

Efek tenang dan dukungan emosional juga merupakan manfaat lain yang didapat dari memelihara kucing. Saat suasana hati sedang kurang baik, kucing yang menggemaskan dapat menjadi teman yang baik untuk bermain, membuat pemiliknya merasa lebih tenang dan nyaman.

Sementara melansir ruangguru.com, memelihara kucing juga dapat menjadi terapi bagi anak-anak dengan autisme. Kontak langsung dengan hewan peliharaan, seperti kucing, dapat membantu meningkatkan integrasi sensorik mereka, sehingga membuat mereka merasa lebih tenang dan nyaman.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Awet Muda

Selain itu, anak-anak yang sudah berinteraksi dengan kucing sejak kecil juga memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan alergi dan gangguan pernapasan. Hal ini menunjukkan bahwa memelihara kucing sejak dini dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak terhadap berbagai penyakit.

Tidak hanya itu, memelihara kucing juga dapat menumbuhkan rasa empati pada pemiliknya. Dengan merawat dan memahami kebutuhan kucing, pemiliknya akan belajar untuk lebih memahami perasaan hewan tersebut, sehingga meningkatkan rasa empati mereka terhadap hewan dan sesama manusia.

Terakhir, menonton video kucing juga memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya. Menonton video kucing dapat meningkatkan emosi positif dan energi, serta menurunkan energi negatif. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga