Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Turunkan IQ Kamu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 26 Mei 2023
0 dilihat
Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Turunkan IQ Kamu
Tak cuma meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, stres juga bisa menurunkan fungsi otak hingga berujung pada penurunan IQ. Foto: Cnnindonesia.com

" IQ adalah intelligence quotient atau biasa disebut kecerdasan intelektual. Kecerdasan ini terbentuk atas proses pembelajaran dan pengalaman hidup "

KENDARI, TELISIK.ID - IQ adalah intelligence quotient atau biasa disebut kecerdasan intelektual. Kecerdasan ini terbentuk atas proses pembelajaran dan pengalaman hidup.

IQ menggambarkan kemampuan seseorang dalam berpikir, mengingat, memahami, mengevaluasi, mengolah dan melakukan tindakan.

Melansir Kompas.com, ada banyak kebiasaan yang bisa menurunkan IQ. Tanpa sadar, Anda terbiasa melakukan deretan kebiasaan itu setiap hari.

IQ adalah intelligence quotient atau yang biasa dikenal dengan kecerdasan intelektual. Kecerdasan yang dimaksud adalah kecerdasan yang terbentuk atas proses pembelajaran dan pengalaman hidup.

Baca Juga: Intip Diet Sehat Ala Titik Puspa, Tetap Bugar dan Glowing di Usia 85 Tahun

IQ menggambarkan kemampuan seseorang dalam berpikir, mengingat, memahami, mengevaluasi, mengolah, dan bertindak.

Namun, tahukah kamu jika IQ seseorang bisa menurun akibat makanan seperti dilansir dari Cnnindonesia.com:

1. Sering stres

Mengutip Prevention, tak cuma meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, stres juga bisa menurunkan fungsi otak hingga berujung pada penurunan IQ. Diyakini, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terkait dengan stres.

2. Membiarkan berat badan berlebih

Sebuah penelitian menunjukkan, kelebihan berat badan pada paruh baya dapat mengakibatkan penurunan kinerja kognitif.

Selain itu, studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology juga menemukan hubungan antara obesitas dengan kemampuan intelektual yang rendah pada masa remaja dan dewasa.

3. Makan sambil nonton film

Multi-tasking jadi salah satu kebiasaan yang bisa menurunkan IQ. Sebagai contoh, Anda menulis menulis email sambil bergosip dengan rekan kerja dan makan siang. Atau, yang paling sederhana adalah kebiasaan makan sambil menonton televisi atau scrolling media sosial. Meski terasa menyenangkan, namun hal itu bisa berpengaruh terhadap fungsi otak.

Baca Juga: 4 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Kulit Kering

4. Sering terpapar asap rokok

Hal ini mungkin menjadi catatan bagi para perokok maupun non-perokok. Asap rokok membawa zat beracun untuk otak. Paparan asap yang terlalu lama dapat meningkatkan kadar karbon monoksida dalam tubuh, yang menggantikan oksigen.

Kerusakan pembuluh darah dan otak dapat mengganggu kemampuan sel-sel otak untuk berkomunikasi secara efektif dan menyimpan informasi dengan baik.

5. Sering menonton TV

Menonton TV memang jadi cara umum bagi banyak orang yang ingin mencari hiburan. Menonton televisi menimbulkan perasaan santai karena seseorang tak perlu melakukan upaya apa pun. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga