Ini Penyebab Jari Mengerut Ketika Mandi atau Berenang Terlalu Lama

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 12 November 2023
0 dilihat
Ini Penyebab Jari Mengerut Ketika Mandi atau Berenang Terlalu Lama
Menurut ahli dari University of Erlangen-Nürnberg, Jerman, berenang atau merendam kulit dalam waktu lama bisa membuat lapisan terluar dari sel kulit membesar. Foto: Repro Detik.com

" Jari tangan mengerut karena terlalu lama berenang sebenarnya bukan kondisi yang membahayakan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi Anda yang gemar berenang, rasanya tak akan heran bila kulit di jari tangan dan kaki mengerut. Namun, pernahkah kamu bertanya kenapa hal ini bisa terjadi?

Tak usah terlalu dikhawatirkan, jari tangan mengerut karena terlalu lama berenang sebenarnya bukan kondisi yang membahayakan. Boleh dibilang, kondisi ini merupakan proses alami tubuh untuk mempertahankan keutuhan kulit.

Menurut ahli dari University of Erlangen-Nürnberg, Jerman, berenang atau merendam kulit dalam waktu lama bisa membuat lapisan terluar dari sel kulit membesar. Tak main-main, membesarnya bisa dua hingga tiga kali lipat. Nah, alhasil kulit akan menjadi melengkung dan berkerut.

Baca Juga: Siskaeee Ngaku Sudah Tiduri 216 Pria, Seksolog Dokter Boyke Ingatkan Bahaya Hiperseks

Di samping itu, alasan jari tangan mengerut atau keriput karena keratin. Keratin ini merupakan struktur kompleks protein yang berada di lapisan terluar dari sel-sel kulit. Sekali lagi, tak usah terlalu resah, sebab kondisi ini umumnya akan kembali normal setelah kita usai berenang.

Dilansir dari Detik.com, sistem saraf simpatik berperan penting dalam mengontrol sejumlah fungsi tubuh, termasuk detak jantung dan tekanan darah. Sistem saraf simpatik ini adalah sistem saraf otonom yang bereaksi terhadap lingkungan luar untuk menjaga kestabilan tubuh.

Ketika jari terkena air, kapiler kecil darah di jari akan menyempit. Hasilnya akan ada penurunan volume darah di lapisan dalam jaringan lunak. Setelah itu, kulit tertarik ke dalam sehingga menciptakan lipatan yang terlihat sebagai kerutan atau keriput.

Baca Juga: Ternyata Ini Sebab Wanita Mudah Emosional saat Haid

Keriput bisa tercipta tak hanya karena air dingin, namun juga air hangat yang memberikan efek sama yakni pembuluh darah jari menyempit. Karena fenomena jari mengerut ini disebabkan oleh respons saraf yang tidak sengaja. Beberapa ahli biologi berpendapat bahwa aktivasi saraf simpatik ini memiliki fungsi evolusioner.

Salah satunya adalah kulit jari yang keriput mungkin akan memberikan cengkraman yang lebih baik dibandingkan tidak. Kulit yang keriput akan nampak seperti tapak ban sehingga jari bisa menggenggam benda yang basah lebih baik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga