8 Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan Pasangan Suami Istri

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 09 Mei 2024
0 dilihat
8 Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan Pasangan Suami Istri
Sejumlah manfaat bagi kesehatan yang dapat diperoleh pasangan suami istri ketika melakukan hubungan intim. Foto: Shutterstock

" Berhubungan intim antara pasangan suami istri tidak hanya untuk melahirkan keturunan saja, tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Berhubungan intim antara pasangan suami istri tidak hanya untuk melahirkan keturunan saja, tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, bagi pasangan suami istri melakukan hubungan intim menjadi salah satu cara untuk mengungkapkan kasih sayang kepada pasangan.

Selain dapat membangun keintiman, manfaat hubungan intim juga dapat memengaruhi kondisi fisik, psikologis, dan kehidupan sosial.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa manfaat hubungan intim bagi kesehatan pasangan suami istri: 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Awet Muda

1. Meningkatkan Libido

Manfaat pertama hubungan intim bagi pasangan suami istri adalah meningkatkan libio. Hal ini karena berhubungan intim bagi wanita dapat meningkatkan pelumasan Miss V, aliran darah, dan elastisitas.

2. Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kedua hubungan intim bagi pasangan suami istri adalah membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena pasangan yang melakukan hubungan intim memiliki tingkat imunitas yang lebih tinggi.

Bahkan bagi yang melakukan hubungan suami istri ini sekali atau dua kali seminggu, maka akan memiliki tingkat antibodi tertentu yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang kurang sering berhubungan intim. 

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat ketiga hubungan intim bagi pasangan suami istri adalah dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini karena terdapat hubungan antara hubungan intim dan tekanan darah rendah.

Selain itu, hubungan intim secara khusus (bukan masturbasi) juga dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

4. Mengurangi Stres

Manfaat keempat hubungan intim bagi pasangan suami istri adalah mengurangi stres. Hal ini karena berhubungan intim secara fisik dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi respons stres di otak.

Selain itu, berpelukan atau berpegangan tangan yang merupakan bentuk lain dari keintiman fisik, dapat memicu pelepasan oksitosin.

Sementara hormon ini kemudian akan memicu pusat kebahagiaan di otak yang menurunkan perasaan cemas dan stres.

5. Terlihat Lebih Muda

Manfaat kelima hubungan intim bagi pasangan suami istri adalah terlihat lebih muda. Hal ini karena hubungan intim dapat mengurangi stres, meningkatan rasa senang, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Dengan demikian, ketiga hal tersebut bisa membuat kamu tampak lebih muda dan sehat. 

6. Kualitas Tidur Membaik

Manfaat enam hubungan intim bagi pasangan suami istri adalah dapat meningkatkan kualitas tidur jadi nyenyak. Hal ini karena saat berhubungan intim tubuh akan melepaskan hormon prolaktin yang membuat tubuh lebih rileks dan mengantuk.

Nah, itulah sebabnya pasangan suami istri akan lebih mudah mengantuk dan tidur ketika usai berhubungan intim

7. Membakar Kalori

Manfaat ketujuh hubungan intim bagi pasangan suami istri adalah dapat membantu membakar kalori. Hal ini karena apabila suami istri melakukan hubungan intim selama 20 menit, setidaknya tubuh akan membakar 96 kalori.

Baca Juga: 3 Campuran Jus Jeruk Ini Buat Badan Lebih Segar dan Kulit jadi Cerah

Selain dapat membakar lima kalori permenit, hubungan intim juga dapat membuat berbagai otot tubuh lebih aktif. Bahkan denyut jantung manusia saat orgasme setara dengan olahraga ringan, seperti berjalan kaki.

Dengan begitu, dapat dilakukan bahwa hubungan intim merupakan bentuk olahraga yang menyenangkan. 

8. Meningkatkan Kontrol Kandung Kemih

Manfaat kedelapan hubungan intim bagi pasangan suami istri adalah dapat meningkatkan kontrol kandungan kemih. Hal ini karena saat pasangan mengalami orgasme, itu akan menyebabkan kontraksi pada otot-otot itu yang akan memperkuat kontrol kandung kemih. 

Nah, itulah beberapa manfaat bagi kesehatan yang dapat diperoleh pasangan suami istri ketika melakukan hubungan intim. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga