Pembangunan Rujab Sekda Kendari Nyaris Rp 2 Miliar, Warga: Ingat juga Masyarakat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 15 Oktober 2023
0 dilihat
Pembangunan Rujab Sekda Kendari Nyaris Rp 2 Miliar, Warga: Ingat juga Masyarakat
Rujab Sekda Kota Kendari bakal rampung pada 17 Desember 2023 mendatang, menelan anggaran nyaris Rp 2 miliar yang berada tepat di samping Rujab Wali Kota Kendari. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengalokasikan anggaran senilai Rp 1.870.000.000 untuk pembangunan Rumah Jabatan Sekretaris Daerah (Rujab Sekda). Alokasi dana yang dikucurkan berasal dari APBD Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengalokasikan anggaran senilai Rp 1.870.000.000 untuk pembangunan Rumah Jabatan Sekretaris Daerah (Rujab Sekda). Alokasi dana yang dikucurkan berasal dari APBD Kota Kendari.

Salah seorang warga saat ditemui, Ardianto Pratama, warga Kelurahan Kambu yang tengah berolahraga di area tersebut menuturkan, peruntukan Rujab Sekda Kota Kendari perlu melihat dari berbagai sisi. Pertama, kondisi keuangan yang dimiliki pemkot sendiri, jika memang memiliki anggaran berlebih tak ada masalah.

Namun, jika kondisi saat ini, masyarakat dinilai serba sulit, mulai dari harga beras naik, disertai masalah Elnino yang terjadi saat ini, bahkan beberapa daerah terjadi kekeringan. Ia menyebut, Pemkot Kendari harus lebih bijaksana melihat kondisi.

Baca Juga: Bedah Buku Bareng Penulis di Bookscape, Rekomendasi Hiburan Lokal Masyarakat Kendari

"Tak salah memang buat rujab senilai Rp 1 miliar lebih, tapi ingat juga masyarakat yang kebutuhan saat ini lebih urgent. Alangkah lebih bijak dan pintar sedikit," bebernya pada Telisik.id, Minggu (15/10/2023).

Sebelumnya, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, untuk lahan pembangunan Rujab Sekda telah disiapkan di samping Rujab Wali Kota Kendari saat ini. Ia menyebut, jika dibangun berdampingan dapat mempermudah komunikasi antara wali kota dan sekda ketika ada urusan mendesak.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Kota Kendari, Aswido menambahkan, rujab selesai pada Desember 2023. Kehadiran rujab bisa merangsang pertumbuhan perumahan di Kecamatan Kambu.

Baca Juga: Ini Jadwal KMP Bahteramas Kendari-Langara Periode Oktober 2023

"Di Lokasi tersebut masih banyak lahan kosong. Ini yang bisa dimanfaatkan pemilik lahan untuk membangun pemukiman di area sekitar," bebernya beberapa waktu lalu.

Dari pantauan Telisik.id, tampak bangunan Rujab Sekda Kota Kendari sementara dibuat, rujab itu ditutupi oleh seng di sebagian besar halamannya, dimuka pintu masuk tertulis "yang tidak berkepentingan dilarang masuk." Tampak seluruh bangunan tertutupi oleh seng, sehingga yang terlihat hanya bagian atas bangunannya saja.

Selain itu, juga ada pos jaga dan papan konstruksi, bangunan dikerjakan sejak 21 Juli 2023 dan ditargetkan selesai pada 17 Desember 2023. Ada pula pengumuman terkait jumlah anggaran yang nyaris Rp 2 miliar. Proyek dikerjakan oleh CV Alfazza Dwi Konstruksi dan Konsultan Pengawas CV Digital Engineering Consultant. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga