Pemda Konawe Segera Evakuasi Warga Terdampak Abrasi Sungai di Desa Muara Sampara

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 04 Juni 2024
0 dilihat
Pemda Konawe Segera Evakuasi Warga Terdampak Abrasi Sungai di Desa Muara Sampara
Pj Bupati Konawe saat melakukan kunjungan ke Desa Muara Sampara bersama jajaran OPD. Foto: Ist.

" Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba kembali meninjau sungai Muara Sampara yang ada di Desa Muara Sampara Kecamatan Kapoila, Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba kembali meninjau sungai Muara Sampara yang ada di Desa Muara Sampara Kecamatan Kapoila, Kabupaten Konawe, Selasa (4/6/2024).

Dalam kunjungannya kali ini, Harmin Ramba didampingi sejumlah Kepala OPD teknis terkait, bersama Camat Kapoiala dan Kepala Desa Muara Sampara.

Saat melihat kondisi desa yang makin parah akibat meluasnya abrasi bibir sungai Muara Sampara, Harmin menginstrusikan segera kepada BPBD Konawe dan juga Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari agar menyiapkan evakuasi dan tempat relokasi sementara bagi warga yang terdampak langsung.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Tunjuk Asisten II jadi Pelaksanaan Tugas Kadis Dukcapil

"Sungai ini sering abrasi jadi kita sampaikan BPBD Konawe supaya carikan solusi dulu," ujar Pj Bupati Konawe.

Harmin Ramba juga menyampaikan bahwa kunjungannya pekan lalu ada sekira 43 kepala keluarga terdampak dan kehilangan rumah, dan hari ini kondisinya makin meluas, terdapat sekitar 50 KK yang sudah terkena dampak abrasi.

"Untuk itu segera pindah ketempat aman, karena tidak menutup kemungkinan luas abrasi makin bertambah lagi, dan itu sangat membahayakan, apalagi kalau sampai air pasang pada malam hari. Tentu sebagai pemerintah kami mengimbau kepada masyarakat demi keamanan bersama," tambahnya.

Baca Juga: Pemda Konawe Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Lebih lanjut, PJ Bupati Konawe, Harmin Ramba mengaku akan siap memberikan dukungan agar sungai Konawe itu tidak lagi mengalami abrasi. Selain itu, pihaknya juga sudah memerintahkan kepada dinas teknis terkait untuk mengambil langkah-langkah kedaruratan.

Kegiatan kunker Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba di Desa Muara Sampara setelah berbincang dengan masyarakat, dilanjutkan dengan membagikan secara simbolis bantuan pangan guna meringankan beban masyarakat korban abrasi.

Responsif banjir susulan di beberapa desa di Kecamatan Pondidaha, Pj Bupati Harmin Ramba salurkan bantuan dan instruksikan Klkepada BPBD dan BWS untuk melakukan evakuasi dan membangun posko. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga