Pemda Muna Alokasikan Rp 10 Miliar Buat Lampu Jalan di 12 Kecamatan

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 16 Juli 2021
0 dilihat
Pemda Muna Alokasikan Rp 10 Miliar Buat Lampu Jalan di 12 Kecamatan
Lampu jalan di sepanjang jalanan. Foto: Repro google.com

" Kepala DLH Muna, LM Syukur Akbar menerangkan, anggaran pengadaan lampu jalan tersebut bersumber dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 10 miliar "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengalokasikan anggaran untuk pengadaan lampu jalan di 12 kecamatan.

Kepala DLH Muna, LM Syukur Akbar menerangkan, anggaran pengadaan lampu jalan tersebut bersumber dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 10 miliar.  

"Dana PEN saat ini dalam proses pencairan," kata Syukur, Jumat (16/7/2021).

Ke-12 kecamatan yang akan diterangi lampu jalan itu diantaranya, Katobu, Batalaiworu, Kontunaga, Duruka, Towea, Pasir Putih, Watoputeh, Batukara dan Tongkuno.  

"Lampunya nanti menggunakan tenaga surya," sebutnya.  

Selain pengadaan lampu jalan, melalui program PEN juga ada anggaran untuk tambahan tiga unit armada pengangkut sampah. Harga perunitnya kurang lebih sekitar Rp 400 juta. Kemudian, satu unit eksavator dan mobil crane.

Baca Juga: 

Baca Juga: 

"Anggarannya kurang lebih sekitar Rp 5 miliar. Jadi totalnya semua Rp 15 miliar," terangnya.

Dia menambahkan, dengan adanya tambahan tiga unit armada itu sangat membantu petugas kebersihan dalam mengangkut sampah masyarakat. Kini, armada yang beroperasi 8 unit. Dengan tambahan tiga unit berarti menjadi 11.

"Itu belum cukup untuk mengatasi persoalan sampah. Idealnya harus 11 unit," pungkasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga