Pemkab Bersama Bulog Konawe Gelar Program Sigap SPHP

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 01 September 2023
0 dilihat
Pemkab Bersama Bulog Konawe Gelar Program Sigap SPHP
Pemkab Konawe bersama Bulog salurkan beras SPHP di Pasar Sampara. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Konawe bersama Bulog, mulai menjalankan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Sampara "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe bersama Bulog, mulai menjalankan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Sampara. Kegiatan Siap Jaga Harga Pasar dengan Beras SPHP (Sigap SPHP) merupakan Program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Kegiatan ini melibatkan Badan Urusan Logistik (Bulog) dan sudah berlangsug sejak Senin (28/08/2023) lalu yang diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk wilayah Kabupaten Konawe, kegiatan ini dilakukan secara serentak di 5 pasar yaitu Pasar Sampara, Pasar Pondidaha, Pasar Wawotobi, Pasar Asinua dan Pasar Lambuya, dengan mempercayakan beberapa outlet pengecer yang berada di pasar–pasar tersebut untuk mendistribusikan beras SPHP.

Sekda Konawe Ferdinand Sapan mengatakan, pemerintah melalui Bulog telah menyalurkan beras murah yaitu beras SPHP ke pedagang yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga khususnya harga pangan komoditi beras.

Penyaluran beras ini juga, lanjut Ferdinand, untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang selama ini membeli beras dengan harga yang melebihi dari standar pemerintah, mulai hari ini pemerintah menyiapkan beras murah dengan kualitas medium.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Kerja Sama Bulog Sigap Atasi Kenaikan Harga Beras

“Harapan kita program ini memberikan manfaat untuk menjaga stabilitas harga serta kemampuan belanja masyarakat khususnya di Kabupaten Konawe," ungkapnya.

Ferdinand juga berharap setelah perbaikan jaringan irigasi di Kabupaten Konawe yang rencananya per tanggal hari ini akan ada beberapa wilayah yang sudah akan buka pintu pengairan sehingga 3-4 bulan ke depan kondisi ketersediaan pangan khususnya beras, akan semakin bagus.

Di samping itu, Kepala Bulog Konawe, Abdan Djarmin mengatakan, upaya yang dilakukan hari ini secara bersamaan di beberapa tempat dan merupakan kewajiban dalam hal ini Bulog yang bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Baca Juga: Harga Beras Mahal di Sumatera Utara, Petani Didorong Tingkatan Hasil Panen

Lanjut Abdan Djarmin, kegiatan ini juga untuk memberikan pelayanan kemasyarakat dengan memberikan harga beras dengan standar harga paling rendah, yaitu untuk per 5 kg seharga Rp 47.000, yang pada umummnya di pasar dijual dengan harga Rp 55.000 sampai dengan Rp 60.000.

“Bahwa kegiatan ini akan rutin dilaksanakan disetiap hari pasar, sifatnya bukan hanya sesaat tetapi kontinuitasnya, jadi selama progam ini ada, maka selama itu pula outlet-outlet yang telah dipercayakan bekerja sama dengan pemerintah melalui Bulog akan selalu menyediakan beras SPHP ini,” pungkasnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekda Konawe Ferdinand Sapan, didampingi oleh Kepala Bulog Konawe Abdan Djarmin, Kadis Koperindag H. Muhammad Nur serta Camat Sampara Muhsin, SE di Pasar Modern Kapita Lau Dalami Kecamatan Sampara. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga