Pemkot Baubau Fokus Berantas Parkir Liar untuk Peningkatan PAD

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 07 Juli 2023
0 dilihat
Pemkot Baubau Fokus Berantas Parkir Liar untuk Peningkatan PAD
Suasana berlangsungnya seminar tentang analisis sistem perparkiran di Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) merupakan salah satu modal keberhasilan dalam mencapai tujuan pembangunan daerah, salah satunya yaitu dengan pengelolaan parkir kendaraan yang baik "

BAUBAU, TELISIK.ID - Peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) merupakan salah satu modal keberhasilan dalam mencapai tujuan pembangunan daerah, salah satunya yaitu dengan pengelolaan parkir kendaraan yang baik.

Adanya persoalan tersebut, Pemerintah Kota Baubau melalui Balitbangda mengadakan seminar bersama OPD terkait, penuntasan masalah perparkiran di daerah tersebut.

Tim Penjamin Mutu (TPM), La Ode Muhammad Aksa mengatakan, ada dua substansi soal parkiran, pertama banyak kantung parkir yang dikelola oleh orang tidak bertanggung jawab, kedua, ditemukan juru parkir yang liar.

Baca Juga: Kotamara, Tempat Wisata Favorit Masyarakat Baubau

“Saya hanya mengembangkan dari apa yang telah dibahas, seperti di Kalista, jangan-jangan ini hanya ditujukan untuk layanan publik yang ada di pantai Kamali. Sementara kalau kita melihat dari beberapa spot parkiran itu banyak, jangan sampai observasi itu hanya satu dan mengakumulasi yang seakan-akan itu sama,” tuturnya, Jumat (7/7/2023.

Mewakili  Balitbangda, Hamzah mengatakan, konsep pendekatan perparkiran merupakan pendekatan akademik, sehingga yang dilakukan pemerintah kali ini merupakan riset strukturasi untuk melihat konsep-konsep aksi yang terjadi di lapangan.

“Menurut saya tata tertib penelitian ini tetap menjadi prioritas, karena ini berkaitan dengan bagaimana pola-pola pemberlakuan perparkiran di Kota Baubau yang berhubungan dengan peningkatan pendapatan asli daerah Kota Baubau,” tuturnya.

Sedangkan, Ramadhan mewakili Dinas Perhubungan Kota Baubau menuturkan, dalam penanganan perparkiran tidak dapat diberatkan oleh Dinas Perhubungan saja, melainkan perlu kerjasama semua OPD dan stackholder serta lapisan masyarakat untuk memberantas parkir liar tersebut.

Baca Juga: Kelurahan Baadia Wakili Kota Baubau Lomba Penyelenggaraan Pemerintahan Tingkat Provinsi

“Mari kita lihat berapa kuat nafas anda di dalam, apa tantangan yang anda tangkap didalam, ini adalah kamuflasenya, misalnya Wameo 10 titik semua preman. Ada kah garansi dari pemerintah untuk kami perhubungan, saya rapat bersama para juru parkir untuk uang yang akan disetorkan di Perrhubungan pemasukan PAD, Rp 40 ribu per hari dan hanya diikuti selama dua hari, selebihnya diajak berkelahi dan ini yang perlu diketahui oleh rekan-rekan semua,” kata Ramadhan.

Kota Baubau dengan tingkat kepadatan arus lalu lintas kendaraan yang cukup tinggi, sudah seharusnya menyediakan kawasan parkir khusus dan mengelola parkir di tepi jalan umum dengan baik dan benar. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga