Pemkot Kendari Genjot Vaksinasi, Target 70 Persen Sebelum Keluar Inmendagri

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 14 Oktober 2021
0 dilihat
Pemkot Kendari Genjot Vaksinasi, Target 70 Persen Sebelum Keluar Inmendagri
Sekda Kota Kendari Nahwa Umar (baju merah) bersama TNI Polri saat melihat dokumentasi kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). Foto: Sumarlin/Telisik

" Kuncinya itu ada di bandara jika ada satu orang saja yang masuk ke Kota Kendari dan membawa virus itu bisa menjadi ancaman bagi warga Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari menggandeng TNI Polri dan sejumlah pihak untuk menggenjot capaian target vaksinasi di Kota Kendari sebesar 70 persen.

Sekretaris Daerah Kota Kendari Nahwa Umar menjelaskan, hingga Rabu (13/10/2021) persetase vaksinasi di Kota Kendari telah mencapai angka 62 persen.

Dia berharap persetase capaian vaksinasi Kota Kendari bisa mencapai angka 70 persen pada saat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) keluar sehingga Kota Kendari bisa masuk level 1.

"Kita berharap bisa segera turun level mudah-mudahan di tanggal 18 Oktober nanti di Inmendagri kita sudah bisa level 1 namun ada satu kriteria yang harus kita penuhi, saat ini jumlah vaksinasi kita baru 62 persen," jelasnya, saat menutup kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa, Kamis (14/10/2021).

Meskipun seluruh wilayah Kota Kendari sudah berada pada zona hijau dan tak ada tambahan kasus positif COVID-19 baru, namun Sekda meminta protokol kesehatan tetap diterapkan.

Dia juga meminta pihak bandara dan Komandan Lanud untuk tetap menjaga agar bandara tetap steril sehingga penyebaran COVID-19 melalui bandara bisa dicegah.

"Kuncinya itu ada di bandara jika ada satu orang saja yang masuk ke Kota Kendari dan membawa virus itu bisa menjadi ancaman bagi warga Kota Kendari," tegasnya.

Baca Juga: Hadiri Forum Kota Pintar di Yogyakarta, Wali Kota Kendari Bertemu Gibran

Baca Juga: COVID-19 di Kendari Melandai, Bandara Jadi Perhatian

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum mengaku Dinas Kesehatan Kota Kendari terus melakukan percepatan vaksinasi, utamanya lansia yang juga menjadi salah satu syarat agar Kota Kendari bisa turun level.

"Vaksinasi tetap harus dilakukan bahkan dilakukan percepatan utamanya lansia kita mau lebih maksimalkan," ungkapnya via telepon.

Saat ini pelayanan vaksinasi terus dilakukan baik di Dinas Kesehatan maupun di 15 Puskesmas di Kota Kendari termasuk melayani permintaan vaksinasi di sejumlah organisasi masyarakat.

Untuk diketahui, hingga Rabu (13/10/2021) seluruh wilayah Kota Kendari sudah berada pada zona hijau, dan tersisa 3 kasus terkonfirmasi positif. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga