Antisipasi Bencana Alam dan Sosial, Pemda Siapkan Cadangan Pangan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 05 Desember 2019
0 dilihat
Antisipasi Bencana Alam dan Sosial, Pemda Siapkan Cadangan Pangan
Plt Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sultra, I Made Guyasa. Foto: Ibnu Sina Ali Hakim/Telisik

" Untuk mengatasi kekurangan pangan jika terjadi bencana seperti banjir, puting beliung dan yang lainnya, memang perlu disiapkan cadangannya. Agar kapan saja masyarakat membutuhkan, kami siap dengan cadangan kita. Cadangan pangan ini akan kami simpan di Bulog. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi Sultra akan mempersiapkan cadangan pangan tahun 2020 untuk mengantisipasi segala bentuk bencana alam maupun sosial  yang bisa saja melanda setiap saat di daerah Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Tunjangan ASN Kota Kendari Naik, Tak Semua Pegawai Dapat

Melihat kondisi Sultra yang setiap tahun selalu mengalami bencana alam terutama banjir, pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra akan berupaya mencadangkan pangan untuk menanggulangi hal tersebut.

"Untuk mengatasi kekurangan pangan jika terjadi bencana seperti banjir, puting beliung dan yang lainnya, memang perlu disiapkan cadangannya. Agar kapan saja masyarakat membutuhkan, kami siap dengan cadangan kita. Cadangan pangan ini akan kami simpan di Bulog," jelas Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, I Made Guyasa, Kamis (5/12/2019).

Selain itu, untuk memperkuat legal standing dari cadangan pangan, akan dibuatkan peraturan yang mengikat.

Baca Juga: BPOM RI : Hati-hati Membeli Produk di Sosial Media

"Memang perlu adanya aturan yang dibuat untuk cadangan pangan ini karena ini sangat penting untuk seluruh masyarakat Sultra dan hal tersebut kami sudah ajukan ke DPRD untuk ditindaklanjuti," tambahnya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tetap mengkonsmsi pangan lokal seperti sagu, ubi kayu dan lainnya, jangan cuma beras. Karena tubuh kita membutuhkan gizi yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

Reporter: M1
Editor: Rani

Baca Juga