Penghargaan Ballon dOr 2020 Resmi Dibatalkan

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 21 Juli 2020
0 dilihat
Penghargaan Ballon dOr 2020 Resmi Dibatalkan
Penghargaan Ballon d'Or 2020 resmi ditiadakan. Foto: Repro Google.com

" Untuk pertama kalinya sejak tahun 1956, penghargaan Ballon d'Or tidak akan diselenggarakan di tahun 2020 karena kekurangan kondisi yang adil. "

JAKARTA, TELISIK.ID – Tahun ini, penghargaan bergengsi pemain terbaik sepakbola atau Ballon d'Or 2020 resmi dibatalkan akibat pandemi COVID-19.

Ajang Ballon d'Or adalah sebuah penghargaan paling fenomenal di kalangan pesepakbola. Ini diselenggarakan oleh majalah Olahraga kenamaan Prancis, French Football untuk memilih siapa pemain terbaik dunia dalam satu tahun.

Penghargaan ini sudah diselenggarakan sejak 1956 hingga tahun lalu. Dimana Lionel Messi menjadi pemenang terakhir penghargaan bergengsi ini.

Namun untuk edisi tahun 2020, penghargaan Ballon d'Or dipastikan tidak akan digelar oleh French Football.

"Untuk pertama kalinya sejak tahun 1956, penghargaan Ballon d'Or tidak akan diselenggarakan di tahun 2020 karena kekurangan kondisi yang adil," beber France Football dilansir dari Bola.net, Selasa (21/7/2020).

French Football mengatakan, penyelenggaraan sepakbola di tahun 2020 mengalami hambatan akibat pandemi COVID-19. Sehingga sangat sulit untuk menentukan secara adil siapa pesepakbola terbaik di tahun ini.

"Ballond d'Or edisi 2020 tidak akan diselenggarakan. Kenapa? Karena tahun ini tidak bisa disamakan dengan tahun-tahun yang biasanya. Ketika anda berada dalam sebuah keraguan, lebih baik untuk bersikap abstain daripada memaksa,” tulis Franch Football.

Baca juga: Real Madrid Juara Liga Spanyol 2019/2020

"Ballon d'Or menganut nilai-nilai seperti keteladanan, solidaritas, tanggung jawab dan bukan melulu soal keunggulan dalam olahraga saja. Itulah mengapa gelar kehormatan ini tidak bisa diselenggarakan tahun ini, terutama di faktor statistik dan juga persiapan karena para calon pemenang tidak bisa dibandingkan dengan setara, karena beberapa harus mengakhiri musim lebih cepat karena liganya dihentikan. Jadi bagaimana bisa kami membandingkan sesuatu yang tidak bisa dibandingkan?," tambahnya.

Pihak French Football menegaskan bahwa Ballon d'Or adalah sebuah penghargaan yang penuh dengan integritas. Untuk itu mereka lebih memilih untuk meniadakan Ballon d'Or tahun ini daripada memilih pemenang yang 'tidak adil'.

"Kami tidak mau pemenang tahun ini dijuluki 'pemenang spesial' karena krisis COVID-19. Kami lebih suka terkilir daripada mendapatkan luka yang besar. Ini pertama kalinya sejak tahun 1956 Ballon d'Or harus rehat. Situasi ini tidak membuat kami berpuas diri, tetapi kami bisa mengambil keputusan yang bertanggung jawab dan juga logis."

"Kami memilih melindungi kredibilitas dan juga legitimasi penghargaan ini dari waktu ke waktu. Sejarah Ballon d'Or terlalu berharga untuk dirusak dengan situasi seperti ini. Di waktu-waktu seperti ini, mengambil rehat merupakan sesuatu yang mewah dan juga diperlukan," tutup pernyataan resmi French Football tersebut.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga