Peserta CPNS Membludak Urus SKCK

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Selasa, 03 November 2020
0 dilihat
Peserta CPNS Membludak Urus SKCK
Pengurusan SKCK di Polrestabes Makassar. Foto: Rezki Mas'ud/Telisik

" Ini dari pagi sampai sore adami ratusan orang lebih yang memohon penerbitan SKCK. Jadi memang terjadi lonjakan pemohon SKCK, mulai selesai libur panjang kemarin sudah membeludak antrian. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar di Jalan Ahmad Yani tiba-tiba ramai dipadati warga, Selasa (03/11/2020).

Hal itu terjadi lantaran warga mengantre di depan ruang Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Perizinan Satuan Intelkam.

Kepala Urusan Administrasi dan Ketatausahaan Satuan Intelkam Polrestabes Makassar, Ipda Hasan Loan menerangkan, warga yang mengantri merupakan para lulusan  alon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 yang baru diumumkan tahun 2020 ini.

Pasalnya, SKCK adalah salah satu syarat administrasi ketika telah dinyatakan lulus sebagai pegawai negeri sipil.

Baca juga: Dewan Sebut Ada Tenaga Kesehatan di Jawa Timur Terima Rp 150 Ribu Perbulan

“Ini dari pagi sampai sore adami ratusan orang lebih yang memohon penerbitan SKCK. Jadi memang terjadi lonjakan pemohon SKCK, mulai selesai libur panjang kemarin sudah membeludak antrian," kata Hasan saat ditemui di lokasi.

Dia menyampaikan informasi yang diterimanya batas waktu pengurusan SKCK cukup singkat. Panitia CPNS memberikan waktu peserta yang dinyatakan lulus sampai Senin (16/11/2020). Praktis antrian panjang diperkirakan masih terus terjadi. 

“Makanya, mereka datang bersamaan, seharusnya kan bisa dibagi-bagi waktunya. Kemarin juga waktu libur panjang, kita tetap buka pelayanan. Kalau dari kami sendiri memberikan tambahan jam operasional, yang tadinya hanya sampai pukul 15.00 Wita sekarang kita tambah menjadi pukul 17.00 Wita, dan bahkan Sabtu juga kami layani," bebernya.

Salah satu pemohon SKCK, Nur Fitriana mengatakan, pelayanan di Polrestabes Makassar sudah cukup mudah, apalagi dengan kebijakan penambahan waktu jam kerja.

Baca juga: Amirul Tamim Beberkan Pengelolaan DD di Masa Pandemi COVID-19

Dia sendiri merupakan lulusan seleksi CPNS Kementerian Agama, wanita 30 tahun itu bilang namanya masuk di antara lima ribuan orang yang dinyatakan lulus. 

“Pelayanan sudah cukup mudah, saya antri dari pagi dan Alhamdulillah saya dapat SKCK ku sore tadi jam 3," ucapnya.

Pelayanan syarat pendaftaran untuk mendapat pekerjaan ini diperpanjang sebab melihat banyaknya pengurus SKCK yang membludak.

"Saya perhatikan warga yang ingin mengurus SKCK banyak, jadi saya perintahkan waktu pelayanan di perpanjang agar masyarakat yang sangat membutuhkan dapat terbantu," ucap mantan Kapolsek Panakukang ini. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga