Pilkada Muna Harus Sukses dan Sehat

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 04 Oktober 2020
0 dilihat
Pilkada Muna Harus Sukses dan Sehat
Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir bersama Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim dan Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pilkada harus berjalan sukses dan sehat terbebas dari COVID-19. "

MUNA, TELISIK.ID - Pelaksanaan Pilkada tahun ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Dimana, pelaksanaanya di tengah-tengah bencana non alam pandemi COVID-19.

Dibutuhkan konsistensi penyelenggara, peserta dan seluruh elemen masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, sehingga tidak menjadi klaster baru.  

"Pilkada harus berjalan sukses dan sehat terbebas dari COVID-19," kata La Ode Abdul Natsir, Ketua KPU Sultra, Minggu (4/10/2020).

KPU sendiri, sebelum melakukan tahapan, terlebih dahulu memastikan kesehatan melalui rapid test dan menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut diharapkan bisa diikuti oleh peserta.

"Untuk perekrutan KPPS nantinya usianya 20-50 tahun dan tidak memiliki penyakit bawaan. Kita akan awali dengan rapid test," ungkapnya.

Baca juga: Soal Perbedaan Identitas Rusman, Ketua KPU Sultra Persilakan Tempuh Jalur Hukum

Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim menerangkan, pihaknya sudah menyusun strategi pengawasan protokol kesehatan pada tahapan kampanye calon. Bahkan, Bawaslu juga terus mengingatkan Pasangan Calon (Paslon) untuk mematuhi rambu-rambu yang ada. Misalnya, kampanye terbatas, yang bisa hadir hanya 50 orang.  

"Terkait disiplin, kami berharap semua dipatuhi," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho mengaku, terus mengingatkan Paslon dan tim suksesnya agar mematuhi protokol kesehatan. Terbukti, sudah delapan hari pelaksanaan kampanye situasi berlangsung kondusif.

"Kita terus koordinasi dengan Paslon agar terus mengedukasi mayarakat untuk mematuhi protokol kesehatan," tukasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga