Pilkades Serentak di Muna Diagendakan 2021

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 14 Desember 2020
0 dilihat
Pilkades Serentak di Muna Diagendakan 2021
Ilustrasi Pilkades. Foto: Repro google.com

" Kita rencanakan pelaksanaan Pilkades serentak antara Juni-Juli 2021. "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna mulai memikirkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada tahun 2021 mendatang.

Kini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM) tengah menyusun kebutuhan anggarannya. Estimasi sementara, bila 124 desa dilakukan pemilihan serentak anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 4 miliar.

"Rp 4 miliar itu belum termaksud biaya pengamanan," kata Rustam, Kadis PMD Muna.

Dari 124 desa di Muna saat ini, 116 desa telah mengalami kekosongan kepala desa (Kades). Sementara, sisanya delapan desa dijabat oleh Kades defenitif yang masa jabatannya hingga pertengahan April 2021 mendatang.

"Kita rencanakan pelaksanaan Pilkades serentak antara Juni-Juli 2021," ujarnya.

Baca juga: Isu Reshuffle Menguat, PKS Saran Presiden Minta Masukan KPK

DPMD juga menawarkan dua opsi untuk Pilkades serentak. Apabila, anggaran sebesar Rp 4 miliar dianggap terlalu besar, maka Pilkades bisa dilakukan secara bertahap. Tahap pertama tahun 2021 sebanyak 40 desa dan sisanya pada 2022 sebanyak 84 desa.

"Kita prioritaskan desa yang sudah mengalami kekosongan kadesnya di atas dua tahun. Tapi, opsi itu masih tentatif. Tergantung TAPD yang disesuaikan dengan kecukupan anggaran," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Muna, La Mahi menerangkan, untuk Pilkades serentak tidak perlu dilakukan secara bertahap. Anggaran cukup untuk membiayai pelaksanaan Pilkades 124 desa.

"Kita hanya menunggu berapa kepastian riil anggaranya yang dibutuhkan. Berapapun APBD siap membiayai," tukasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga