Polisi Amankan Senjata Api Milik Pencuri Sapi

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 26 Oktober 2022
0 dilihat
Polisi Amankan Senjata Api Milik Pencuri Sapi
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin bersama Kapolsek Katobu, Iptu LM Arwan memperlihatkan barang bukti. Foto: Sunaryo/Telisik

" Senjata api jenis laras panjang rakitan ditemukan disembunyikan di rumah salah satu pelaku berinisial AW di Jalan Pelanduk, Kelurahan Raha III "

MUNA, TELISIK.ID - Polsek Katobu, Polres Muna, bergerak cepat menemukan senjata api yang digunakan lima terduga pencuri sapi di Desa Wawesa, Kecamatan Batalaiworu, Rabu (26/10/2022).

Senjata api jenis laras panjang rakitan ditemukan disembunyikan di rumah salah satu pelaku berinisial AW di Jalan Pelanduk, Kelurahan Raha III.

"Senjatanya sudah diamankan," kata Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin didampingi Kapolsek Katobu, Iptu LM Arwan.

Senjata apinya, lanjut Mulkaifin, masih akan dilakukan uji balistik untuk menyesuaikan dengan proyektil peluru yang didapat dalam perut sapi.

Modus pelaku AW, KS, TT, BK dan AK melakukan pencurian sapi dengan memantau lokasi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pinggir jalan.

Baca Juga: Pencuri Sapi Pakai Senjata Api Resahkan Warga

"Setelah dirasa aman, pelaku lalu menembak sapi menggunakan senjata api," ungkapnya.

Para pelaku sendiri dijerat dengan pasal 363 ayat 1 dengan ancaman pidana maksimal 7 tahun penjara.

Saat ini, kelima pelaku masih menjalani pemeriksaan. Mulkaifin mengimbau pada masyarakat yang merasa kehilangan ternak selama ini untuk bisa membuat laporan di Polres Muna guna untuk kepentingan pengembangan.

Kapolsek Katobu, Iptu LM Arwan menerangkan, usai berhasil meloloskan diri dari kejaran massa, salah seorang pelaku berinisial AW langsung menyembunyikan senjata di rumah orang tuanya.

"Setelah kita desak, AW lalu memperlihatkan senjatanya," tambahnya.

Baca Juga: Tangis Histeris Ibu Brigadir Yosua, Bharada Eliezer: Saya Tak Percaya Pelecehan

Adapun barang bukti yang diamankan berupa seekor sapi, mobil minibus warna putih DT 9381 BD, senjata api laras panjang dan proyektil peluru berdiameter 1,5 cm.

Sementara itu, Pj Kades Wawesa, La Ode Ridwan Al Asyah menerangkan, aksi pencurian sapi sudah sangat meresahkan warganya. Pasalnya, sudah sekitar 20 ekor sapi warga yang hilang. Warga pun sudah membuat laporan polisi.

"Dua malam lalu, induknya sapi ini yang hilang," sebutnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga