Profil Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara La Ode Muhammad Ihsan Taufik Ridwan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 25 Agustus 2024
0 dilihat
Profil Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara La Ode Muhammad Ihsan Taufik Ridwan
Profil politisi muda yang kini menjadi calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara LM Ihsan Taufik Ridwan. Foto: Facebook Ihsan Ridwan

" La Ode Muhammad Ihsan Taufik Ridwan, yang lebih dikenal sebagai LM Ihsan Taufik Ridwan, merupakan salah satu politisi muda yang sedang naik daun di Partai Golkar "

KENDARI, TELISIK.ID - La Ode Muhammad Ihsan Taufik Ridwan, yang lebih dikenal sebagai LM Ihsan Taufik Ridwan, merupakan salah satu politisi muda yang sedang naik daun di Partai Golkar.

Ia memiliki latar belakang sebagai pengusaha dan memiliki hubungan erat dengan dunia politik, terutama melalui ayahnya, Ridwan Bae, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Partai Golkar.

Ridwan Bae sendiri merupakan figur penting di Sulawesi Tenggara, pernah menjabat sebagai Bupati Muna selama dua periode, dari tahun 2000 hingga 2005 dan 2005 hingga 2010.

Selain itu, Ridwan juga menjabat sebagai Ketua DPD I Golkar Sultra dari tahun 2008 hingga 2020. Karier politik Ridwan di tingkat nasional cukup cemerlang, dengan dua kali terpilih sebagai legislator DPR RI untuk periode 2014-2019 dan 2019-2024. Pada Pemilu 2024 lalu, ia kembali terpilih sebagai anggota DPR RI.

Baca Juga: Gerindra Serahkan B1-KWK Kepada 16 Bakal Calon Kepala Daerah se-Sulawesi Tenggara

LM Ihsan Taufik Ridwan pernah maju sebagai calon Bupati Muna Barat pada Pilkada 2017, meskipun pada saat itu ia kalah dari pasangan Rajiun Tumada-Achmad Lamani. Namanya sempat disebut-sebut akan kembali maju pada Pilkada Kabupaten Muna Barat 2024.

Namun, dalam perkembangannya, Ihsan lebih didorong untuk maju sebagai calon Bupati Muna. Namanya diusulkan oleh DPD II Golkar Muna ke DPP, bahkan ia telah mendapatkan surat instruksi sebagai calon bupati.

Menjelang Pilkada Muna 2024, Ihsan telah menerima surat tugas dari DPP PAN sebagai bakal calon Bupati Muna 2024. Selain itu, ia juga menjadi salah satu dari tiga figur calon bupati yang menerima surat tugas dari Partai Hanura di Pilkada Muna.

Ihsan juga mengikuti proses penjaringan bakal calon bupati di Partai Nasdem, menunjukkan keseriusannya dalam kontestasi politik ini.

Baca Juga: Pasangan Bacagub Ruksamin dan Sjafei Kahar Mantapkan Diri Maju Pilkada 2024

Dari sisi pendidikan, Ihsan Taufik Ridwan adalah alumni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Raha. Ia memiliki gelar Sarjana Teknik (ST) dan juga mengantongi gelar profesi keinsinyuran (Ir).

Ihsan menikah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada September 2023 dengan Nur Alina Namirah Faradiba. Pernikahan mereka dirayakan dalam dua resepsi, yakni pada 10 September 2023 dengan adat Bugis dan pada 22 Oktober 2023 dengan adat Muna.

Ihsan Taufik Ridwan lahir pada 2 September 1989 dari pasangan Ridwan Bae dan Wa Ode Sitti Nur Laila. Saat ini, ia tinggal di Jalan Madesabara, Kelurahan Raha 3, Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna.

Dengan latar belakang keluarga yang kuat dalam dunia politik dan pengusaha, LM Ihsan Taufik Ridwan menjadi salah satu tokoh muda yang diperhitungkan dalam kancah politik Sulawesi Tenggara. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga