Program Pascasarjana UHO Kendari Miliki Banyak Fasilitas dan Sistem Pembelajaran Terdepan di Sultra

Bambang Sutrisno, telisik indonesia
Jumat, 05 Juli 2024
0 dilihat
Program Pascasarjana UHO Kendari Miliki Banyak Fasilitas dan Sistem Pembelajaran Terdepan di Sultra
Direktur Pascasarjana UHO Takdir Saili, dan gedung Pascasarjana UHO Kendari. Foto: Bambang Sutrisno/Telisik

" Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari memiliki sarana dan prasarana serta sistem pembelajaran yang terdepan di Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari memiliki sarana dan prasarana serta sistem pembelajaran yang terdepan di Sulawesi Tenggara.

Fasilitas yang terdapat di Pascasarjana UHO terdiri atas gedung utama 4 lantai, bangunan kegiatan akademik, bangunan ruang dosen, fasilitas olah raga, ruang kerja direktur, wakil direktur, Unit Jaminan Mutu dan Sistem Informasi, Ketua Prodi S3 serta ruang administrasi dan keuangan terdapat di gedung utama.  

Sedangkan ruang perkuliahan dan perpustakaan, ruang baca, ruang komputer, terdapat di gedung wing kanan. Ruang dosen dan ruang seminar/ujian mahasiswa S2 terdapat di gedung wing kri. Sarana olahraga yang tersedia adalah lapangan tenis dan tenis meja.  

Selain itu, pada gedung utama juga tersedia aula yang dapat digunakan untuk kegiatan akademik yang melibatkan banyak peserta. Kegiatan seminar akademik yang berskala nasional bahkan internasional dapat dilakukan di dalam aula yang berkapasitas 100 orang tersebut.

Demikian halnya dengan kegiatan kuliah umum, lokakarya, bahkan ujian promosi doktor dapat dilakukan di ruang aula Pascasarjana UHO.  

Baca Juga: FKIP UHO Kendari Kembangkan Pembelajaran Digital Inovatif

Setiap ruangan kuliah dilengkapi dengan fasilitas kursi dan meja serta AC sehingga setiap mahasiswa dapat belajar dengan baik dan nyaman. Mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi akademik terkini di perpustakaan melalui media online atau membaca buku/jurnal untuk memperdalam pengetahuan tentang berbagai hal yang dibutuhkan untuk menunjang proses penyelesaian studinya.

Demikian halnya dengan fasilitas outdoor berupa taman akademik yang terdapat di bagian tengah kampus Pascasarjana UHO. Beberapa gazebo dibangun mengelilingi area taman akademik yang dapat digunakan sebagai tempat diskusi akademik untuk mendukung terciptanya suasana akademik di Pascasarjana UHO.

Berdasarkan keterangan Direktur Pascasarjana UHO Prof Takdir Saili, selain fasilitas yang tersedia untuk mendukung proses pembelajaran, juga dirancang sistem akademik yang efektif. Mahasiswa berprestasi berpeluang menyelesaikan studinya lebih awal dari waktu yang ditetapkan.

“Misalnya mahasiswa S2 dengan masa penyelesaian studi standar 2 tahun (4 semester) berpotensi dapat menyelesaikan studi 3 semester. Atau mahasiswa S3 dengan masa penyelesaian studi standar 3 tahun (6 semester) berpotensi untuk menyelesaikan studi 5 semester,” ujarnya, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga: Sekuriti UHO Kendari Kena Busur, Satu Pelaku Sudah Tertangkap

Dengan sistem perkuliahan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara tatap muka (offline) dan secara online, sesuai kesepakatan sehingga memungkinkan mahasiswa yang berdomisili di luar Kendari dapat kuliah di Pascasarjana UHO.

Kegiatan akademik dosen di Pascasarjana UHO, selain mengajar dan menguji, juga melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terjadwal setahun sekali dan mendapat dukungan finansial dari internal Pascasarjana UHO berdasarkan Mata Anggaran Kegiatan (MAK) yang disetujui oleh pimpinan universitas.

Kegiatan tersebut melibatkan dosen yang mengajar di Pascasarjana UHO, terutama dosen yang home basenya di Pascasarjana UHO. (C)

Penulis: Bambang Sutrisno

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga