FKIP UHO Kendari Kembangkan Pembelajaran Digital Inovatif

Nur Fauzia, telisik indonesia
Kamis, 04 Juli 2024
0 dilihat
FKIP UHO Kendari Kembangkan Pembelajaran Digital Inovatif
Foto bersama Dekan FKIP UHO bersama penyelenggara kegiatan. Foto: Ist

" Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mulai melakukan inovasi digital dalam pembelajarannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mulai melakukan inovasi digital dalam pembelajarannya.

Hal itu dilakukan dengan menggelar sosialisasi dan perancangan terkait pengembangan dan penyelenggaraan pembelajaran digital mata kuliah pengembangan media pembelajaran Biologi, di Hotel Horison, Kamis (4/7/2024).

Dalam sambutannya, Dekan FKIP UHO Kendari, Dr. Damhuri menyampaikan, peningkatan mutu pembelajaran di perguruan tinggi menjadi kunci utama dalam menyesuaikan lulusan dengan kebutuhan dunia kerja di era Industri 4.0 dan Society 5.0 yang menuntut inovasi.

Baca Juga: Delapan Calon Taruna Akpol Polda Sulawesi Tenggara Diterbangkan ke Mabes

Untuk itu, kata dia, perlu dikembangkan strategi pembelajaran inovatif yang mempertimbangkan perkembangan zaman dan karakteristik mahasiswa.

Damhuri menambahkan, salah satu inovasi yang ditawarkan dalam program ini adalah mengusulkan mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran pada Program Studi S1-Pendidikan Biologi FKIP UHO.

Inovasi ini akan menggunakan format pembelajaran yang memperkuat kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah dunia nyata dan meningkatkan pengalaman belajar mereka.

Mata kuliah ini terbuka bagi mahasiswa FKIP UHO sendiri dan juga mahasiswa dari perguruan tinggi mitra. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini akan mendapatkan kredit yang dapat dialihkan ke perguruan tinggi asal mereka.

Baca Juga: Sanggar Seni Studio 28 Kendari Raih Juara I Kompetisi Tari Kreasi Tingkat Sultra

Sementara mitra perguruan tinggi lain yang terlibat dalam program ini adalah Universitas Muhammadiyah Buton (UMB).

Lebih lanjut, Damhuri menjelaskan, pengembangan pembelajaran digital ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui hibah kompetitif.

Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan menyelesaikan tantangan era Industri 4.0 dan Society 5.0. (C-Adv)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga