Puluhan Calon Jemaah Haji Kota Baubau Gagal Berangkat

Elfinasari, telisik indonesia
Selasa, 16 Mei 2023
0 dilihat
Puluhan Calon Jemaah Haji Kota Baubau Gagal Berangkat
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Baubau, Halking, memastikan puluhan calon jemaah haji gagal ke tanah suci. Foto: Elfinasari/Telisik

" Sebagian calon jemaah haji Kota Baubau gagal berangkat ke tanah suci, tepatnya sebanyak 26 orang dari total jumlah 172 calon jemaah haji yang harusnya berangkat "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sebagian calon jemaah haji Kota Baubau gagal berangkat ke tanah suci, tepatnya sebanyak 26 orang dari total jumlah 172 calon jemaah haji yang harusnya berangkat.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Baubau, Halking menuturkan, dari 172 kuota calon jemaah haji plus 15 cadangan, namun sejumlah 26 calon gagal berangkat dikarenakan berbagai faktor, mulai dari penundaan, meninggal dunia hingga berhalangan ikut dengan sejumlah kepentingan lain.

Karena pembatalan ke-26 calon tersebut sehingga diprediksi 150 jemaah yang akan diberangkatkan

Baca Juga: Bupati Konawe Terima Piagam Lencana Bakti Transmigrasi dari Kementerian Desa, PDTT

“Insya Allah yang fix berangkat 150 orang, tetapi yang cadangan kita berharap bisa berangkat, karena pembatalan ke-26 jemaah,” ungkap Halking, Selasa (16/5/2023).

Sejauh ini jemaah haji Kota Baubau yang mengikuti manasik hingga 19 Mei mendatang sejumlah 165 orang, termasuk 15 cadangan. Seluruh jemaah yang akan berangkat dinyatakan telah melunasi biaya penyelenggaraan haji termasuk yang tergabung dalam cadangan.

Setelah manasik tingkat kecamatan hingga 19 Mei mendatang, akan dilanjutkan manasik tingkat kota sebelum para calon jemaah berangkat ke embarkasi Makassar.

Halking menyebutkan, calon jemaah akan diberangkatkan ke Arab dalam dua kloter. Pertama pada 24 Mei dan gelombang kedua 8 Juni 2023.

Baca Juga: Pemkab Konawe Gelar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten

Menurut salah satu jemaah haji, Mustika mengaku menggantikan ayahnya yang meninggal dunia untuk melaksanakan haji.

"Ayah saya sudah melunasi biaya haji dari tahun 2011 dan rencana tahun 2020 berangkat, tetapi karena COVID-19 sehingga ditunda, hingga ayah saya meninggal duluan sebelum berangkat haji, sehingga saya yang menggantikan," tuturnya dengan raut wajah sedih. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga