Bupati Konawe Terima Piagam Lencana Bakti Transmigrasi dari Kementerian Desa, PDTT

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 16 Mei 2023
0 dilihat
Bupati Konawe Terima Piagam Lencana Bakti Transmigrasi dari Kementerian Desa, PDTT
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat menghadiri acara penerimaan piagam lencana bakti transmigrasi dari Kementerian Desa, PDTT. Foto: Ist.

" Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) didaulat untuk menerima Piagam Lencana Bakti Transmigrasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), di Yogyakarta "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) didaulat untuk menerima Piagam Lencana Bakti Transmigrasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), di Yogyakarta, Selasa (16/5/2023)

Itu merupakan penghargaan keempat tingkat nasional yang diterima KSK dalam kurun waktu empat bulan terakhir.

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2023 di Yogyakarta, yang dihadiri langsung Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar dan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar.

Baca Juga: Pemkab Konawe Rotasi Jabatan Administrator Eselon III

Acara yang berlangsung Universitas Gajah Mada (UGM) tersebut begitu meriah karena dihadiri ribuan orang. Sejumlah kepala daerah dan warga calon transmigran memenuhi Auditorium Kampus UGM.

Ada tiga kategori penghargaan yang diberikan Kementerian Desa PDTT pada kesempatan itu. Pertama, penghargaan untuk kepala daerah atas kontribusi dan kerja keras dalam menyukseskan program transmigrasi. Terdapat 15 kepala daerah yang mendapat penghargaan tersebut.

Selanjutnya untuk kategori kedua, yakni penghargaan kepada kepala daerah yang mendukung pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi dengan indeks perkembangan kawasan transmigrasi status mandiri. Penghargaan untuk kategori ini diberikan kepada 36 kepala daerah, termasuk Bupati Konawe.

Selain KSK, ada dua kepala daerah Sulawesi Tenggara lainnya di kategori itu yang juga mendapat penghargaan. Mereka adalah Bupati Muna, LM Rusman Emba dan Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga.

Kategori yang terakhir, yakni penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, penerima beasiswa program penjaringan siswa berprestasi di kawasan transmigrasi. Penghargaan itu diberikan kepada sejumlah mahasiswa berprestasi yang kuliah di berbagai kampus lintas daerah.

Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, mengajak pejabat dan mahasiswa untuk bersama-sama berpikir dan memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan nasional, khususnya daerah transmigrasi.

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu mengungkapkan, program transmigrasi telah dimulai 73 tahun yang lalu. Berkat sinergi warga dan berbagai pihak, kawasan transmigrasi kini telah banyak berubah menjadi daerah-daerah maju.

“Terimakasih kepada transmigran kita yang bukan saja berkontribusi terhadap ekonomi keluarga, tetapi juga ekonomi daerah dan negara,” jelas mantan Menteri Desa PDTT tersebut.

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan Kementerian Desa PDTT. Bupati dua periode itu mengungkapkan, Konawe selain menjadi surga investasi juga merupakan surganya transmigrasi.

Menurut KSK, majunya Konawe sebagai kabupaten dengan ekonomi terbaik di Sulawesi Tenggara tidak lepas dari kontribusi warga di kawasan transmigrasi. Menurutnya, warga transmigrasi punya andil besar dalam menjadikan Konawe sebagai daerah lumbung berasnya Sulawesi Tenggara.

“Warga transmigrasi dan lokal, semua hidup rukun di Konawe. Mau dia Jawa, Bali dan suku-suku lainnya, semuanya bersinergi dan membuat Konawe jadi seperti miniaturnya Indonesia. Makanya berani saya katakan kalau Konawe adalah surganya transmigrasi,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, 30 Januari lalu, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa didaulat untuk menerima penghargaan Desa Cantik dari BPS RI. Kemudian, pada 14 Maret 2023, Kabupaten Konawe kembali diganjar penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari BPJS Kesehatan RI atas dukungan program Jaminan Kesehatan Nasional.

Baca Juga: Pemkab Konawe Gelar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten

Lalu, Konawe juga menerima penghargaan sebagai Kabupaten Berkinerja Tinggi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 29 April 2023 lalu. Kali ini, KSK kembali mendapatkan Piagam Lencana Bakti Transmigrasi dari Kementerian Desa PDTT.

Untuk diketahui, secara nasional, bupati yang menerima penghargaan dari Menteri Transmigrasi ini masing-masing, Bupati Aceh Tengah, Simeulue, Bener Meria, Pesisir Selatan, Bangka Selatan, Banyuasin, Ogan Ilir, Lahat, Bengkulu Utara, Mesuji, Tulang Bawang, Kubu Raya, Sambas, Kutai Timur, Barito Kuala, Nunukan, Bulungan, Sumbawa, Mamuju Tengah, Pasang Kayu, Sigi, Poso, Buol, Morowali, Tojo Una-una, Parigi Moutong, Wajo, Luwu Timur, Muna, Konawe, Konawe Selatan, Gorontalo Utara, Boalemo, Gorontalo dan Merauke. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga