Puluhan Pengajar Sultra Lulusan Program PPG Resmi Miliki Sertifikat Pendidik

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 07 April 2022
0 dilihat
Puluhan Pengajar Sultra Lulusan Program PPG Resmi Miliki Sertifikat Pendidik
Kanwil Kemenag Sultra, Zainal Mustamin (kanan) saat memberikan sertifikat pendidik kepada salah satu pengajar yang lulus program PPG 2021. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" 32 orang pengajar tingkat madrasah se-Sultra, yang berhasil lulus program pendidikan profesi guru (PPG) tahun 2021. Kini secara resmi telah mendapatkan sertifikat pendidik "

KENDARI, TELISIK.ID - 32 orang pengajar tingkat madrasah se-Sultra, yang berhasil lulus program pendidikan profesi guru (PPG) tahun 2021. Kini secara resmi telah mendapatkan sertifikat pendidik.

PPG sendiri merupakan program pendidikan yang diselenggarakan, untuk mempersiapkan lulusan S-1 kependidikan dan S-1/D-IV non kependidikan, yang memiliki bakat dan minat menjadi guru, agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar pendidikan guru. Di mana PPG ini tidak bersifat wajib, namun jika tidak mengikuti maka tidak bisa menjadi guru PNS.

Kakanwil Kemenag Sultra, Zainal Mustamin, mengucapakan selamat kepada mereka yang lulus PPG. Mereka, merupakan generasi penerus untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Kepada guru yang memperoleh sertifikat yang berasal dari perguruan tinggi penyelenggara pendidikan profesi guru yang berbeda-beda, saya ucapkan selamat kepada semua. Saya berharap para guru kembali untuk melaksanakan tugas pendidikan dan pengajaran secara profesional,” ungkapnya.

Kata dia, menjadi guru tidak hanya sebatas menjadi guru professional, tetapi juga guru yang mampu menginspirasi dengan sikap moderat, tidak ekstrim dan berlebih-lebihan, dalam mengajarkan pembelajaran agama kepada anak didik, sehingga menghasilkan generasi yang rukun, damai dan toleran.

Baca Juga: Area Pasar Basah Mandonga Kendari jadi Langganan Macet Jelang Berbuka Puasa

“Guru madrasah yang hebat harus menginspirasi, nilai religiusitas dan kepatuhan harus lahir dan menjadi bagian dari memberikan edukasi kepada anak-anak didik terutama pengarus utamaan moderasi beragama harus ditanamkan dalam diri siswa," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Madrasah Kemenag Sultra, Muhammad Saleh berpesan kepada para penerima sertifikat PPG, agar turut mampu menyukseskan gerakan Kemenag Sultra Bersahabat di tempat kerja masing-masing.

Ia meminta agar menjadi guru yang bersahabat, bersih diri, bersih niat, bersih lingkungan, religius dari sisi kepatuhan dalam menjalankan agama, santun harmonis dari sisi hubungan dengan sesama manusia, dan lingkungan sekitar serta berbasis teknologi.

"Agar kita mampu menyesuaikan dan merespon perkembangan teknologi informasi, dalam menjalankan tugas keseharian kita mencerdaskan kehidupan bangsa," jelasnya.

Baca Juga: Polresta Kendari Sasar Pelajar Daftar Polisi

Mengabdi dan mengajar dengan profesional, merupakan sebuah keharusan dan kewajiban bagi seorang guru. Sehingga mengabdi dengan sepenuh hati dan maksimal merupakan sebuah tuntutan.

"Pastinya selalu memberikan yang terbaik, menjadi sebuah visi dan tugas kami. Agar bisa melahirkan para generasi-generasi yang berkualitas dan bermutu," ujar salah satu penerima sertifikat PPG. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Baca Juga