Puncak Gerhana Matahari Hibrida, Warga Kendari Ramai-Ramai Keluar Rumah Pakai Kacamata Hitam

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Puncak Gerhana Matahari Hibrida, Warga Kendari Ramai-Ramai Keluar Rumah Pakai Kacamata Hitam
Warga keluar rumah mengenakan kacamata hitam agar dapat menyaksikan gerhana matahari hibrida pada hari ini, Kamis (20/4/2023). Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Banyak warga Kota Kendari beramai-ramai keluar rumah memakai kacamata hitam untuk melihat fenomena gerhana matahari hibrida "

KENDARI, TELISIK.ID - Gerhana matahari hibrida dapat terlihat di beberapa kota di Indonesia pada hari ini, Kamis (20/4/2023), termasuk Kota Kendari.

Fenomena langit yang cukup langka ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Kota Kendari. Untuk itu banyak warga Kota Kendari memanfaatkan kesempatan ini dengan beramai-ramai keluar rumah memakai kacamata hitam demi melihat fenomena ini.

Salah satu warga tersebut adalah Sitti Rahmah yang keluar rumah dengan pakaian daster sederhana berbalut jilbab, tak lupa pula kacamata hitamnya.

"Saya lihat gerhana karena ini fenomena langka, terakhir kayaknya waktu SMP saya sempat lihat fenomena ini," tuturnya.

Selain Rahmah, ada Kasma, wanita paruh baya yang menjadikan momen gerhana matahari ini sebagai kesempatan untuk mengenang memori masa kecilnya.

Baca Juga: Gerhana Matahari Hibrida Hari Ini Bisa Dilihat di Wilayah Sulawesi Tenggara Jam Segini

"Saya dulu ingat waktu kecil saja pernah lihat begini di kampung, sudah besar sudah kurang ikuti fenomena ini, baru kali ini dapat melihatnya lagi," tuturnya.

Lebih lanjut, seorang warga bernama Anto yang merupakan ayah beranak 2 menjadikan gerhana matahari ini sebagai sarana pembelajaran anak-anaknya.

"Kebetulan ini fenomena langka jadi saya ajak anak-anak lihat supaya mereka belajar juga," ungkapnya ditemani 2 anaknya beserta istrinya.

Baca Juga: Ini Daerah Dilintasi Gerhana Matahari 20 April 2023

Penggunaan kacamata hitam sendiri dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar tidak kontak mata langsung dengan matahari demi mengurangi bahaya yang tidak diinginkan.

Hal ini juga sesuai dengan anjuran kepala Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, Sugeng Widarko, seperti yang disampaikannya pada pihak Telisik.id.

"Khawatirnya bisa merusak mata," tuturnya. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga