Ratusan Bocil Disunat Gratis, Cara Bersedekah Ala Asosiasi Kapus Konawe

Aris Syam, telisik indonesia
Rabu, 23 Maret 2022
0 dilihat
Ratusan Bocil Disunat Gratis, Cara Bersedekah Ala Asosiasi Kapus Konawe
Pelaksanaan kegiatan sunat massal gratis di Balai Kelurahan Lambuya Kabupaten Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Asosiasi Kepala Puskesmas (Kapus) Kabupaten Konawe memiliki cara tersendiri dalam bersedekah "

KONAWE,TELISIK.ID - Asosiasi Kepala Puskesmas (Kapus) Kabupaten Konawe memiliki cara tersendiri dalam bersedekah. Telebih lagi dalam memasuki bulan suci ramadan, mereka menyelenggarakan sunat massal dengan tak menarik upah sepersen pun bagi bocah cilik atau Bocil.

Dengan mengusung tema "Konawe Sehat Menuju Sultra Gemilang" puluhan warga berbondong-bondong membawa anaknya untuk ikut serta dalam kegiatan sunat masal gratis di Balai Kelurahan Lambuya Kabupaten Konawe, Rabu (23/3/2022).

Ketua Asosiasi Kepala Puskesmas (Kapus) Konawe, Supriadi SKM,M.kes mengatakan, kegiatan itu dilakukan semata-mata untuk bersedekah dan membantu sesama, terlebih lagi untuk masyarakat kurang mampu, sembari menyambut bulan suci ramadan.

"Intinya, kegiatan ini kami gelar untuk membantu masyarakat yang kurang mampu," katanya.

Terlebih lagi, kata Supriadi, kegiatan sunat masal gratis ini dilakukan murni tanpa adanya maksud dan tujuan lain, apalagi mengandung unsur politik. Bahkan dana yang digunakan bersumber dari kumpulan dana para Kapus se-Kabupaten Konawe.

"Kegiatan ini murni dari keikhlasan teman-teman Kapus tanpa tujuan lain, karena bagaimana pun kami masih naungan pemerintah, sehingga sudah tugas kami untuk membantu dan mengayomi masyarakat kita apalagi kurang mampu," jelas Supriadi.

Supriadi menambahkan, untuk target anak disunat sebanyak 150 orang, namun jika melihat antusiasme dari masyarakat yang hadir, kemungkinan bisa mencapai 200 anak.

Kemudian, selain obat yang diberikan kepada anak yang telah usai disunat, pihaknya juga memberikan uang saku sebagai bentuk apresiasi telah mengikuti kegiatan itu.

Baca Juga: Pemda Buton Tengah Serahkan LKPJ ke DPRD, Berhasil Lampaui Target PAD

"Kegiatannya hari ini saja, dan ini bukan sekali kita lakukan, tapi sudah beberapa kali," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Unaaha, Mashuri Posimbi, SKM,M.Kes menuturkan, dalam kegiatan ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 20 meja untuk anak yang akan disunat, tiap-tiap puskesmas juga menyiapkan tenaga medisnya sebanyak 2 hingga 4 orang.

"Supaya menghindari antri, jadi kami siapkan 20 meja, jadi bisa 20 anak sekaligus disunat, dan ini sudah 3 putaran, dari target 150 mungkin bisa lebih dilihat dari antusiasme warga," ucapnya.

Baca Juga: Jalan Poros Wisata Kendari-Toronipa Akan Dibuka untuk Umum Agustus Mendatang

Untuk ke depannya, pihaknya juga akan mengelar kegiatan serupa di tempat berbeda, khususnya daerah-daerah yang masyarakat kurang mampu.

"Ini program kami dari asosiasi, sehingga target kita memang membantu kalangan warga kurang mampu, namun kita juga buka untuk umum," jelasnya.

Terpisah, Kapolsek Lambuya, Iptu Asriady sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Asosiasi Puskesmas Konawe tersebut, terlebih lagi dengan tujuan saling membantu sesama manusia.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi untuk masyarakat kita yang kurang mampu," jelasnya. (A-Adv)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga