Ratusan Pelari di Sulawesi Tenggara penuhi Jalan Wisata Kendari Toronipa dalam Toronipa Beach Run 2023

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Minggu, 20 Agustus 2023
0 dilihat
Ratusan Pelari di Sulawesi Tenggara penuhi Jalan Wisata Kendari Toronipa dalam Toronipa Beach Run 2023
Berbagai OPD berfoto bersma dalam kegiatan jalan santai kemedekaan di Toronipa. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Ratusan pelari dengan baju yang melambangkan komunitas masing-masing memadati ruas Jalan Wisata Kendari-Toronipa, Minggu (20/8/2023) pagi, sekitar pukul 06.00 Wita "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan pelari dengan baju yang melambangkan komunitas masing-masing memadati ruas Jalan Wisata Kendari-Toronipa, Minggu (20/8/2023) pagi, sekitar pukul 06.00 Wita.

Ratusan pelari tersebut melakukan pemanasan bersama kelompok masing-masing, sembari mempersiapkan diri mengikuti ajang lari marathon bernama Toronipa Beach Run 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara.

Para pelari yang berasal dari Sulawesi Tenggara maupun luar Sulawesi Tenggara tersebut tampak antusias dan bersiap-siap di garis start ajang maraton tersebut sembari menunggu pita putih panjang dilepaskan oleh panita. Sekitar pukul 06.15 Wita, para pelari mulai berlari dengan kecepatan ringan hingga sedang menuju gari finish yang ditentukan yakni pantai Toronipa.

Baca Juga: HUT ke-61 SMAN 1 Kendari, Wagub Sulawesi Tenggara: Ajang Persatuan Alumni

Berlari di sepanjang Jalan Wisata Kendari-Toronipa, para pelari tersebut disambut oleh semilir angin sepoi-sepoi khas pinggir laut yang terasa sejuk  meski matahari pagi bersinar terik dari arah timur. Selain itu, para pelari juga dimanjakan oleh pemandangan perbukitan hijau dan laut banda yang tampak tak berujung.

Pemenang doorprize dari kegiatan Toronipa Beach Run 2023. Foto: Ahmad Badaruddin/ Telisik.

 

Tak butuh waktu lama setelah para pelari berlari menuju garis finish, rombongan berbagai organisasi pemerintah daerah (OPD) Sulawesi Tenggara turut bergabung dengan baju merah putih khas kemerdekaan. Bukan tanpa alasan, rombongan berbagai OPD tersebut bergabung di ruas Jalan Kendari-Toronipa, mereka datang dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI yang diselenggarakan oleh Pemprov Sulawesi Tenggara dalam bentuk jalan santai Merdeka. Jalan santai tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Asrun Lio.

Setelah sampai di garis finish, yakni Pantai Toronipa, para pelari disambut dengan medali yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara. Kemudian, baik para pelari ataupun peserta jalan santai diberi kesempatan untuk beristirahat sembari menikmati hidangan yang diolah langsung dari perkebunan Sulawesi Tenggara. Kemudian, kegiatan seremonialpun berlangsung, mulai dari sambutan-sambutan, tampilan berbagai artis Kota Kendari, hingga pengundian doorprize dengan berbagai hadiah yang menarik.

Kegiatan berlangsung meriah hingga diapresiasi langsung oleh Asrun Lio, sebagai mana yang ia sampaikan dalam sambutannya.

Sekda Sulawesi Tenggara berfoto bersama para pemenang di kegiatan Toronipa Beach Run 2023. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

 

“Terimakasih kepada Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara yang telah menyediakan kegiatan ini, mari bersantai menikmati berbagai hiburan yang disajikan oleh para penyelenggara,” ungkapnya menggelora sembari meneriakkan kata “Merdeka” saat menutup sambutannya.

Baca Juga: Gaji ASN di Sulawesi Tenggara Bakal Naik, Intip Jadwalnya

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Belli Tombili sendiri menuturkan, kegiatan itu merupakan salah satu ajang promosi ikon pariwisata Sulawesi Tenggara, yakni pantai Toronipa yang telah ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh pariwisata unggulan Sulawesi Tenggara.

Lebih lanjut, Belli menambahkan, selain kegiatan Toronipa Beach Run dan jalan santai kemedekaan, ada juga kegiatan bakti social dari Kantor Lurah Toronipa. Selain itu, peserta dari kegiatan Toronipa Beach Run ini berjumlah sekitar 500 orang lebih, berasal dari luar Sulawesi Tenggara. Hal ini juga diamini oleh Ahmed, panitia kegiatan Toronipa Beach Run ini.

“Jumlah pesertanya itu sekitar 500 orang, ada beberapa dari luar Sulawesi Tenggara, ada yang dari Makassar sama dari Manado juga kalau tidak salah,” jelas Ahmed. (A-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga