Ratusan Ribu Ton Beras Cadangan Digelontor ke Masyarakat Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 16 April 2023
0 dilihat
Ratusan Ribu Ton Beras Cadangan Digelontor ke Masyarakat Jawa Timur
Gubernur Khofifah Indar Parawansa memastikan masyarakat Jawa Timur mendapatkan bantuan beras selama tiga bulan dari beras cadangan yang diberikan pemerintah. Foto: Ist.

" Sebanyak 102.754,26 ton beras cadangan digelontorkan pemerintah di Jawa Timur. Alasannya untuk mencukupi kebutuhan banyak di provinsi tersebut dalam tiga bulan ke depan "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak  102.754,26 ton beras cadangan digelontorkan pemerintah di Jawa Timur. Alasannya untuk mencukupi kebutuhan banyak di provinsi tersebut dalam tiga bulan ke depan.

Menurut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bantuan pangan itu dilakukan berdasarkan surat Kepala Badan Pangan Nasional No: 82/TS.03.03/K/3/2023 yang menginstruksikan untuk segera melaksanakan penyaluran bantuan bahan pangan berupa beras.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menjelaskan, bantuan bahan pangan tersebut akan disalurkan untuk 3.425.142 keluarga penerima manfaat di Jawa Timur. Masing-masing keluarga menerima 10 Kg beras per bulan selama tiga bulan mulai Maret-Mei 2023.

Baca Juga: Daftar Pemilih Sementara Jawa Timur Lebih 31 Juta

"Beras itu kita salurkan berdasarkan data by name by address," kata Gubernur Khofifah di Surabaya, Minggu (15/4/2023).

Gubernur Khofifah menuturkan, masyarakat penerima bantuan bahan pangan ini adalah keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT) yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI.

"Disalurkan kepada keluarga penerima manfaat yang ada dalam DTKS, yang masuk dalam PKH atau BPNT," tuturnya.

Sementara untuk pendistribusiannya, orang nomor satu di Jawa Timur itu mengatakan, penyaluran bantuan pangan tersebut didistribusikan melalui PT POS Indonesia.

Gubernur Khofifah  berharap penyaluran bantuan pangan itu dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat utamanya di bulan ramadan kali ini jelang lebaran tahun ini. Masyarakat akan merasa tenang jika ada stok beras di rumah.

"Saya sudah keliling ke pasar-pasar di beberapa Kabupaten di Jawa Timur, alhamdulillah berbagai bapok harganya stabil dan bantuan pangan beras ini semoga bisa menambah kebahagiaan bagi masyarakat," ucapnya.

Baca Juga: Ini Cara Polda Jawa Timur Urai Kemacetan Mudik Lebaran

SedangkanKepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Arief Prasetyo Adi mengatakan, bantuan beras itu merupakan salah satu program bantalan sosial yang digulirkan pemerintah sesuai arahan Presiden.

Pelaksanaan penyaluran bantuan pangan ini sudah dimulai pada akhir Maret 2023 lalu dan terus berlangsung hingga saat ini.

"Secara bertahap proses penyaluran bantuan beras ini sudah dimulai sejak 31 Maret 2023, dan Alhamdulillah sampai saat ini berjalan lancar dan akan terus digulirkan selama tiga bulan hingga Mei 2023," ujarnya beberapa waktu lalu. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga