Sat Lantas Polres Muna Temukan Banyak Pengendara Tak Gunakan Helm SNI

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 17 Januari 2023
0 dilihat
Sat Lantas Polres Muna Temukan Banyak Pengendara Tak Gunakan Helm SNI
Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Muna, Ipda Sarini menemukan pengendara di bawah umur tidak menggunakan helm. Foto: Sunaryo/Telisik

" Angka kecelakaan lalu lintas di Sulawesi Tenggara masih cukup tinggi. Kebanyakan para korbannya anak di bawah umur yang belum memahami cara berkendara yang benar dan sering ugal-ugalan di jalan raya "

MUNA, TELISIK.ID - Angka kecelakaan lalu lintas di Sulawesi Tenggara masih cukup tinggi. Kebanyakan para korbannya anak di bawah umur yang belum memahami cara berkendara yang benar dan sering ugal-ugalan di jalan raya.

Nah, untuk mencegah terjadinya kecelakaan, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Muna tak henti-hentinya melakukan operasi simpatik terhadap pengendara kendaraan bermotor

Kasat Lantas Polres Muna, Iptu Yusran Yoyo menerangkan, dalam operasi simpatik masih banyak ditemukan pengendara tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI). Para pengendara itu  menurutnya tidak paham, pentingnya helm sebagai pelindung kepala bila terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Polres Muna Imbau Pelajar Belum Cukup Umur Tidak Berkendara

"Jadi kita himbau agar selalu menggunakan helm SNI," ujar Yusran, Selasa (17/1/2023).

Penyebab lain terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah mengemudikan kendaraan di malam hari tanpa lampu utama.

Sementara itu, Kanit Kamsel, Ipda Sarini membenarkan, banyak menemukan pengendara yang tidak menggunakan helm saat berkendara, khsusunya sore hari di kawasan By Pass dan Sarana Olahraga (SOR) La Ode Pandu.

"Rata-rata anak di bawah umur," sebutnya.

Baca Juga: Kapolres Muna Bakal Tindaki Anggotannya yang Terlibat Main BBM

Bagi pengendara yang terjaring, diberikan teguran untuk tidak mengulanginya lagi. Bila juga masih kedapatan akan ditindaki.  

Sarini menghimbau pada masyarakat jika berkendara agara selalu menggunakan helm SNI. Kemudian, memantau anak-anaknya yang masih di bawah umur untuk tidak mengendarai kendaraan pada malam hari tanpa lampu utama.

"Kami dari Sat Lantas akan terus berupaya meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas," pungkasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga