Resmikan Proyek Bendungan, Warga Koltim Bakal Kedatangan Jokowi

Muh. Sabil, telisik indonesia
Sabtu, 11 September 2021
0 dilihat
Resmikan Proyek Bendungan, Warga Koltim Bakal Kedatangan Jokowi
Proyek strategis nasional Bendungan Ladongi terletak di Kabupaten Koltim, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal diresmikan Presiden Jokowi pada bulan Oktober mendatang. Foto: Dok. Diskominfo Koltim

" Sebelum Presiden Joko Widodo datang guna meresmikan Bendungan Ladongi, pihak Paspampres terlebih dahulu akan berkoordinasi tentang kesiapan peresmian tersebut. "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo dijadwalkan bakal hadir di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) pada bulan Oktober mendatang guna meresmikan Bendungan Ladongi.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari Dr Ir Haeruddin C Maddi, ST, M.Si saat menggelar pertemuan dengan Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur S.IP bersama dengan Pj Sekda Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa S.STP M.Si, Kepala Dinas Kominfo dan Kepala BKPSDM Koltim.

”Dari informasi yang kami peroleh, Presiden Joko Widodo akan berkunjung di Koltim pada bulan Oktober nanti di minggu-minggu terakhir,” ujar Kepala BWS IV Kendari, Haeruddin C Maddi saat dihubungi via WhatsApp, Jumat (10/9/2021).

Menurut informasi Kepala BWS, sebelum Presiden Joko Widodo hadir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono terlebih dahulu hadir guna menutup pintu air Bendungan Ladongi yang sampai saat ini sudah mencapai 96 persen pengerjaannya.

“Sebelum Presiden Joko Widodo datang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI yang bakal datang di bulan ini guna menutup pintu air Bendungan Ladongi,” ungkap Haeruddin.

Haeruddin menambahkan, sebelum Presiden Joko Widodo datang guna meresmikan Bendungan Ladongi, pihak Paspampres terlebih dahulu akan berkoordinasi tentang kesiapan peresmian tersebut.

”Saat ini tim sedang menyiapkan landasan helipad, karena kemungkinan ada 3 helikopter yang akan mendarat di sekitar Bendungan Ladongi,” tambahnya.

Baca juga: Penumpang Pelni di Baubau Sulit Cari Tempat PCR, Mau Berangkat Harus ke Kendari Dulu

Baca juga: DPRD Didesak Laporkan Sekda Butur ke Mendagri dan KASN, Ini Alasannya

Terkait rencana kedatangan Presiden, Bupati Koltim, Andi Merya Nur sangat antusias dan menyampaikan jika Pemda dan masyarakat Koltim sudah sangat siap untuk menyambut orang nomor satu di Republik ini bersama rombongan, termasuk kedatangan Menteri PUPR di bulan ini.

“Insya Allah kami selalu siap dan sangat gembira Bapak Presiden dan Pak Menteri PU berkenan untuk meresmikan langsung Bendungan Ladongi nantinya. Segala persiapan akan kami lakukan guna menyukseskan agenda tersebut,” ujar Andi Merya.

Menurut Andi Merya jika bendungan ini telah diresmikan, fungsi dan penggunaannya akan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar dan Koltim pada umumnya.

Salah seorang warga, Sumarni (48) yang sempat ditemui Telisik.id bahkan mengungkapkan kebahagiaannya karena akan kedatangan presiden RI.

"Yah senang toh, kita juga disini masyarakat pastinya bangga, sudah tidak sabar lihat Pak Jokowi kesini," kata Sumarni sambil tersenyum malu.

Sementara itu, Pj Sekda Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa akan berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait sesuai dengan petunjuk dan arahan bupati, demi kelancaran dan suksesnya agenda besar tersebut.

”Kita akan berkoordinasi dengan semua sesuai dengan petunjuk bupati, protokol kesehatan COVID-19 akan kita perketat,” pungkasnya. (A)

Reporter: Muh Sabil

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga