Ridwan Zakariah: PGRI Tempatnya Orang-Orang Profesional

Aris, telisik indonesia
Kamis, 12 Agustus 2021
0 dilihat
Ridwan Zakariah: PGRI Tempatnya Orang-Orang Profesional
Bupati Buton Utara, Drs. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si saat membawakan sambutan pada pelantikan PGRI se-Kabupaten Buton Utara. Foto: Aris/Telisik

" Ketua PGRI Butur, Fajar Indra Idin, S.Pd, MM meminta agar para pengurus PGRI se-Kabupaten Butur dapat menjalankan amanah "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Bupati Buton Utara (Butur), Drs. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si menghadiri pelantikan pengurus PGRI periode 2020-2025 se-Kabupaten Butur di aula Kantor Bappeda Butur, Kamis (12/8/2021).

Dalam sambutannya, Ketua PGRI Butur, Fajar Indra Idin, S.Pd, MM meminta agar para pengurus PGRI se-Kabupaten Butur dapat menjalankan amanah.

Lanjut kata dia, PGRI adalah rumah bagi guru yang menghimpun orang-orang hebat.

"Diharapkan guru lebih inovatif dan kreatif, dapat mensiasati keadaan, sehingga proses pembelajaran bisa tetap berjalan," kata Fajar Indra.

Selanjutnya dia mengatakan, PGRI sebagai organiasi profesi yang bersifat independen diharapkan bisa melekat di dada para guru.

"Kita berharap semoga PGRI dapat menjadi mitra strategis bagi pemerintah dan pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan dengan adil dan bijaksana," katanya.

Pengurus PGRI se-Kabupaten Butur yang dilantik Ketua PGRI Butur, Fajar  Indra Idin, S.Pd, MM. Foto: Aris/Telisik

 

Sementara Bupati Butur, Drs. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si dalam sambutannya mengatakan, PGRI sebagai wadah profesi guru, PGRI telah menjadi pilar pembangunan bangsa dan negara khususnya dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Sehubungan dengan peran tersebut, kehadiran PGRI di Buton Utara sangat dipandang perlu, penting dan utama," kata Bupati Butur.

Selanjutnya kata Muh. Ridwan Zakariah, PGRI sebagai wadah para guru, diharapkan dapat menjadikan dirinya sebagai organisasi yang benar-benar profesional dan selalu menjadi lembaga yang hadir di tengah-tengah masyarakat dalam pergolakan modernisasi untuk menjawab segala tantangan dan hambatan dalam dunia pendidikan.

Lebih lanjut Muh. Ridwan Zakariah mengatakan, guru dalam konteks dunia pendidikan adalah pemeran utama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta membangun karakter peserta didik yang cerdas, tangguh, kompetitif dan berahlak mulia.

Dimana kata dia, harapan ini hanya akan terwujud dalam bimbingan dan pengajaran guru yang memiliki sifat dan sikap sebagaimana telah diamanatkan oleh Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara.

"Ing ngarso sung tulodo, di depan menjadi pemimpin, Ing madya mangun karso, di tengah menjadi pembimbing dan tut wuri handayani, di belakang menjadi pendorong," imbuhnya.

Berangkat dari tiga filosofis tersebut kata dia, dimungkinkan para guru khususnya di Kabupaten Butur lebih mampu mendedikasikan dirinya sebagai pencipta anak didik yang bukan hanya pintar dan cerdas, tetapi lebih dari itu mampu melahirkan peserta didik yang berkarakter kebangsaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai keluhuran bangsa dan negara.

Dari kiri: Dandim 1429 Butur, Ketua DPRD Butur, Bupati Butur, Wakil Bupati Butur, Sekretaris Daerah Butur, Ketua PGRI Butur dan Kapolres Butur. Foto: Aris: Telisik

 

Muh. Ridwan Zakariah menambahkan, kehadiran PGRI sebagai wadah berhimpun para guru diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana untuk membangun sinergitas di antara para guru serta membangun komitmen dalam meningkatkan IPM di Kabupaten Butur.

Oleh karenanya, kata dia, etika profesi tersebut tidak hanya dijadikan pemahaman individu, namun harus terlembagakan dengan baik di masyarakat.

Baca Juga: Pilkades Serentak di Bombana Tak Tertunda karena Mendagri

Baca Juga: Wali Kota Kendari Serahkan Bantuan Stimulan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni

Selanjutnya Muh. Ridwan Zakariah mengatakan, PGRI sebagai wadah guru adalah tempatnya orang-orang yang profesional dalam pendidikan dan pengajaran.

"Maka menjadi keharusan bagi para anggotanya terlebih yang duduk dalam kepengurusan PGRI dituntut untuk bertindak dan perfikir profesional," jelas Muh. Ridwan Zakariah.

Sebagai informasi, 95 pengurus PGRI se-Kabupaten Butur yang dilantik oleh Ketua PGRI Butur, Fajar Indra Idin, terdiri dari pengurus PGRI Kecamatan Kulisusu, PGRI Kecamatan Kulisusu Barat, PGRI Kecamatan Kulisusu Utara, PGRI Kecamatan Bonegunu dan PGRI Kecamatan Wakorumba Utara.

Turut hadir dalam pelantikan PGRI se-Kabupaten Butur, Wakil Bupati Butur, Kompol (Purn) Ahali, SH, MH, Sekretaris Daerah Butur, Muhammad Hardhy Muslim, SH, M.Si, Ketua DPRD Butur, Dandim 1429 Butur dan Kapolres Butur. (B-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga