Ringa Jhon Mundur dari Polri Demi Tempur di Pilkada Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 27 April 2024
0 dilihat
Ringa Jhon Mundur dari Polri Demi Tempur di Pilkada Muna
Balon Bupati Muna, La Ode Husunah Ringa Jhon saat mendaftar di Hanura dan PDIP. Foto: Sunaryo/Telisik

" Aiptu La Ode Husunah Ringa John tergolong berani dalam mengambil keputusan. Demi maju di Pilkada Muna, ia rela mundur dari Polri. Padahal masa pensiunnya masih tersisa 13 tahun lagi "

MUNA, TELISIK.ID - Aiptu La Ode Husunah Ringa John tergolong berani dalam mengambil keputusan. Demi maju di Pilkada Muna, ia rela mundur dari Polri. Padahal masa pensiunnya masih tersisa 13 tahun lagi.

Tercatat pada 28 Maret lalu, surat keputusan penguduran dirinya dari Polri telah keluar. Karenanya, ia mulai menyiapkan amunisi untuk bertempur di Pilkada tahun ini.

Kini, status Ringa Jhon sebagai masyarakat biasa. Untuk membuktikan keseriusannya maju di Pilkada, ia telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon (Balon) bupati di Partai Demokrat, NasDem, Hanura, PDIP dan PKS.

"Saya tegaskan, maju sebagai calon bupati, bukan wakil bupati," tegas Ringa Jhon usai mendaftar di empat parpol, Sabtu (27/4/2024).

Baca Juga: Aksan Jaya Putra Nilai Koalisi Golkar-NasDem Cukup Maju Pilwali Kota Kendari

Niatnya maju sebagai Balon bupati karena dorongan keluarga dan masyarakat untuk membenahi Bumi Sowite.

"Saya maju di Pilkada untuk kembali mengabdikan diri buat dareah," timpalnya.

Usai mendaftar, Ringa Jhon akan melakukan komunikasi dengan parpol  untuk mendapatkan rekomendasi dukungan. Ia pun berjanji, bila parpol yang mengusung dirinya akan dibesarkan nantinya.

"Komunikasi akan saya bangun mulai dari kabupaten hingga pusat," terangnya.

Sekretaris DPC NasDem Muna, La Ode Abadi Arief mengatakan, di kabupaten hanya sebatas melakukan proses pendaftaran. Kemudian, akan dilanjutkan dengan fit and propetest di DPD NasDem Sulawesi Tenggara. Setelah itu, akan dilakukan survei dan akan diputuskan oleh DPP.

"Untuk rekomendasi, semua tergantung komunikasi balon yang mendaftar di DPP," ujarnya.

Begitu juga dengan DPC, Demokrat, Hanura, PDIP da PKS Muna. Kata Ketua Tim Penjaringan Bacakada Hanura, LM Sahlan, semua figur yang mendaftar memiliki peluang yang sama.

"Semua tinggal komunikasi saja di DPP. Tugas kami hanya membuka pendaftaran, lalu mengusulkan ke DPD dan DPP," ujar anggota DPRD Muna itu.

Sampai saat ini, Balon bupati yang mendaftar di Hanura baru dua orang yakni, LM Ihsan Taufik Ridwan dan Ringa Jhon. Ada juga beberapa figur yang telah berkomunikasi mau mengambil berkas yakni, Bachrun Labuta dan LM Rajiun Tumada.

Baca Juga: Siska Karina Imran Sudah Sowan ke Surya Paloh Pamit Maju Pilwali Kendari

"Pendaftaran kami buka hingga 30 April," sebutnya.

Ketua DPC PDIP Muna, La Ode Freby Rifai Pendansa mengaku cukup kenal dengan sosok Ringa Jhon yang berlatar belakang sebagai mantan anggota Polri dan pengusaha.

Ia pun menegaskan, bila nantinya rekomendasi partai diberikan ke Ringa Jhon, maka seluruh kader akan all out memenangkan Pilkada.

Sementara itu, Ketua DPC PKS Muna, Fajaruddin menegaskan, bila partainya terbuka bagi siapa saja yang ingin mendaftar. Ia meluruskan, bila ada yang telah mengklaim, itu tidak benar.

"PKS terbuka untuk siapa saja. Tentunya, kami akan dukung yang akan memenangkan Pilkada," tegasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga