RS Darurat COVID-19 Konawe Beri Layanan Terbaik

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Minggu, 03 Mei 2020
0 dilihat
RS Darurat COVID-19 Konawe Beri Layanan Terbaik
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, saat memantau RSD COVID-19. Foto: Putra/Telisik

" Meski jarak ke RSD ini cukup jauh yakni sekitar 5 km, tetapi semua pelayanan kesehatan dan para tenaga medisnya dari RSUD Konawe. "

KONAWE, TELISIK.ID -  Sejak wilayah Sultra dinyatakan sebagai zona merah COVID-19, seluruh komponen pemerintah dan pihak terkait berbenah diri untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Salah satunya adalah RSUD Konawe, yang ditunjuk menjadi salah satu rumah sakit rujukan yang menangani pasien COVID-19 oleh Pemerintah Provinsi Sultra.

Ka.Unit Humas BLUD RSUD Konawe, Beni Harman, S.Kom mengatakan, khusus dalam penanganan COVID-19 ini pihak RSUD terus bekerjasama dengan Pemda Konawe untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Ruang perawatan di RS Darurat COVID-19 Konawe. Foto: Ist.

Dimana, kata dia, saat ini sudah ada Rumah Sakit (RS) Darurat COVID-19 yang bertempat di eks Gedung Diklat Konawe, dan telah diresmikan langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, pada tanggal 13 April lalu.

Langkah pembangunan RS Darurat itu dilakukan sejak terdapatnya kabar bahwa sudah ada tiga pasien positif COVID-19 yang dibawa dari Konawe dan harus mendapatkan perawatan intensif di RS Bahteramas Kendari, sehingga ini merupakan bentuk keseriusan Pemda Konawe terhadap keterlibatan penanganan COVID-19 di Konawe. 

Baca juga: 2020, RSUD Konawe Menuju Green Hospital dan Pelayanan Publik Terbaik

Di RS Darurat COVID-19 ini tersedia berbagai fasilitas, di antaranya adalah ruang Unit Gawat Darurat (UGD), ruang perawatan berjumlah 14 kamar, ruang apotek, ruang administrasi, ruang informasi serta ruang keluarga pasien dan pos keamanan.

"Meski jarak ke RS Darurat ini cukup jauh yakni sekitar 5 km, tetapi semua pelayanan kesehatan dan para tenaga medisnya dari RSUD Konawe," katanya, Sabtu (2/5/2020).

Salah satu tenaga medis di RSD COVID-19 Konawe. Foto: Ist.

Dengan ditempatkannya RS Darurat  COVID-19 di eks Gedung Diklat tersebut, maka otomatis terpisah dengan gedung RSUD yang menjadi tempat perawatan pasien umum. Sehingga, pasien umum tidak perlu khawatir ketika berobat dan menjalani perawatannya di RSUD Konawe.

"Jadi terpisah dengan pasien umum, karena memang pasien yang terkena atau diduga terjangkit COVID-19 harus ditangani khusus. Maka pasien umum tak perlu khawatir akan terjangkit virus tersebut kalau berobat di RSUD Konawe," ujarnya.

Selain itu, ia melanjutkan, pencegahan di tengah masyarakat pun tak luput dilakukan, dengan pihak RSUD Konawe terus mempromosikan tentang bahaya penyebaran COVID-19 ini, termasuk mendukung Pemda untuk mengkampanyekan protokol corona seperti program di rumah saja, mengurangi aktivitas di luar dan kalau pun harus ke luar rumah harus menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Alhamdulillah, sejauh ini keaktifan Pemda dan bupati terus ada. Makanya kita terus bekerjasama baik Pemda maupun Pemprov untuk sama-sama memutus rantai penyebaran COVID-19," lanjutnya.

Olehnya itu, pihak RSUD Konawe juga berharap agar sebaiknya masyarakat membatasi diri baik ke luar rumah dan terlebih ke luar daerah, apalagi ke daerah yang sudah masuk kategori zona merah.

Sebelumnya juga, bukan hanya pembatasan dan menghimbau agar masyarakat tidak banyak beraktivitas di luar rumah , tetapi Pemkab Konawe juga telah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk meliburkan sekolah-sekolah, mulai dari tingkat TK hingga SMP, hingga kondisi daerah dinyatakan stabil dari penyebaran virus corona ini. (adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga