Sah, Nama Rumah Sakit Raha Berganti Menjadi RSUD dr LM Baharuddin

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 01 September 2021
0 dilihat
Sah, Nama Rumah Sakit Raha Berganti Menjadi RSUD dr LM Baharuddin
Ruang pelayanan RSUD dr LM Baharuddin. Foto: Sunaryo/Telisik

" Dengan adanya Perbup Nomor 37 itu, maka Perbup Nomor 34 tahun 2008 tentang penjabaran tugas pokok, fungsi dan tata kerja RSUD Raha dinyakatan sudah tidak berlaku lagi "

MUNA, TELISIK.ID - Perubahan nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raha menjadi RSUD dr LM Baharuddin akhirnya disahkan melalui peraturan bupati (Perbup).

Perbup Nomor 37 tahun 2021 tentang kedudukan susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) RSUD dr LM Baharuddin ditandatangani langsung oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba, sehari pasca terbitnya persetujuan gubernur.

"Perbup-nya sudah diteken oleh Pak Bupati, dengan demikian pemberian nama RSUD dr LM Baharuddin sudah sah," kata La Ode Matalana, Kabag Organisasi Tata Laksana (Ortala) Setda Muna, Rabu (1/9/2021).

Dengan adanya Perbup Nomor 37 itu, maka Perbup Nomor 34 tahun 2008 tentang penjabaran tugas pokok, fungsi dan tata kerja RSUD Raha dinyakatan sudah tidak berlaku lagi.

"Perbup itu akan kita serahkan ke BKPSDM untuk penyesuaian struktur organisasi," terangnya.

Secara garis besar, tidak ada perubahan struktur organisasi di RSUD yang dimulai dari direktur, tata usaha, kabid dan kepala seksi. Yang ada hanya perubahan status RSUD dari organisasi perangkat daerah (OPD) menjadi UPTD.

Baca Juga: Wali Kota Kendari Inspirasi Para Pemuda dari Donactive Peduli Indonesia

Baca Juga: Kejari Baubau Tahan Tiga Tersangka Dugaan Korupsi Pasar Karya Palabusa

"Jabatan semua tetap, tinggal dikukuhkan kembali," ujarnya.

Kendati telah berubah status menjadi UPTD, RSUD dr LM Baharuddin tetap di bawah naungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna. Hanya saja, pengelolaan pelayanannya secara otonomi.

Pemberian nama RSUD dr LM Baharuddin itu sebagai bentuk apresiasi Bupati, LM Rusman Emba terhadap almarhum dr LM Baharuddin yang telah memajukan dunia kesehatan di Bumi Sowite sekaligus yang membamgun RS saat menjabat sebagai Bupati Muna periode 2010-2015. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga