Salurkan DAK Fisik Tercepat, Pemkot Kendari Diganjar Penghargaan dari Dirjen Perbendaharaan

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 03 Agustus 2022
0 dilihat
Salurkan DAK Fisik Tercepat, Pemkot Kendari Diganjar Penghargaan dari Dirjen Perbendaharaan
Sekda Kota Kendari menerima piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan RI Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai Pemda tercepat dalam penyaluran DAK fisik tahun anggaran 2022. Foto: Ist.

" Pemkot Kendari mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan RI Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai Pemda tercepat dalam penyaluran DAK Fisik TA 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemkot Kendari mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan RI Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai Pemda tercepat dalam penyaluran DAK Fisik TA 2022.

Penghargaan diterima Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala di ruang rapat sekda, Selasa (2/8/2022).

Sekda Ridwansyah Taridala menjelaskan, penghargaan yang diterima ini adalah bentuk sinergitas antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Kendari.

"Penghargaan ini tak lepas dari dukungan penuh Wali Kota Kendari sejak awal draft dan pencairan awal yang terus memberikan perhatian dan fokus  pada proses penandatanganan laporan kaitannya dengan dokumen keuangan penyaluran menjadi prioritas wali kota untuk diselesaikan," katanya.

Baca Juga: BKKBN Sultra - Dompet Duafa Jalin Sinergi Dorong Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Sekretaris BKAD Inand Irojasa menjelaskan, penghargaan ini diberikan karena sinergi yang sangat baik antara Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) sebagai user pemda dengan organisasi perangkat daerah (OPD) pengampu DAK fisik, seperti Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan dan OPD lainnya.

"Peran serta Inspektorat Kota Kendari sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang terus memberikan pendampingan intensif dalam hal pengendalian dan pengawasan sehingga pemenuhan syarat salur DAK fisik yang mencakup ketepatan waktu penyampaian pelaporan dan progres realisasi fisik dan keuangan kegiatan DAK fisik dapat terlaksana dengan baik," jelasnya.

Baca Juga: Kelangkaan Solar Berlarut, DPRD Kendari Segera Minta Erick Thohir Ganti Bos Pertamina Sulawesi Tenggara

Dia menambahkan, realisasi DAK yang dilakukan dalam setahun akan disalurkan dalam 3 tahap. Kota Kendari adalah termasuk yang tercepat, mulai dari awal tahap pertama sampai terakhir dalam merealisasikan penyaluran DAK.

Nilai pagu total DAK fisik Kota Kendari tahun 2022 sebesar Rp109.402.564.400, terdiri atas 30 bidang pengelolaan DAK fisik.

DAK Fisik merupakan salah satu instrumen fiskal pemerintah untuk memperkuat infrastruktur fisik di daerah, sehingga akselerasi dan percepatan penyaluran menjadi sebuah hal yang urgent. (B-Adv)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga