Sambut Ajang Anugerah Desa Wisata 2022, Bupati Konawe Selatan Rapat di Lokasi Wisata Air Terjun Moramo

Ashar Hamka, telisik indonesia
Minggu, 12 Juni 2022
0 dilihat
Sambut Ajang Anugerah Desa Wisata 2022, Bupati Konawe Selatan Rapat di Lokasi Wisata Air Terjun Moramo
Ajang Anugrah Desa Wisata indonesia tahun 2022, yang menempatkan wisata Air Terjun Moramo masuk dalam 50 besar membuat Pemda Konawe Selatan menjadikan momentum untuk menarik para pelancong dari luar. Foto; Ashar/Telisik

" Setelah dinyatakan lolos 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, Wisata Air Terjun Moramo yang berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, terus bersolek "

KONAWE SELATAN, TELISIK .ID - Setelah dinyatakan lolos 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, Wisata Air Terjun Moramo yang berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, terus bersolek.

Tak hanya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) warga dan petugas wisatanya, namun juga berbagai sarana dan prasarana yang menjadi tolok ukur penilaian semakin digiatkan.

Langkah itu, dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelancong yang datang. Tak ingin berpangku tangan kepada Dinas Pariwisata sebagai leading sektornya, Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga turun sendiri. Bahkan tak segan untuk memimpin rapat di lokasi tempat wisata, sebagaimana yang dilakukannya, Minggu (12/6/2022) pagi hingga siang tadi.

Bersama Penjabat Sekda Konawe Selatan, Siti Chadidjah dan jajaran OPD, orang nomor satu ini, menggali informasi langkah apa yang sudah dilakukan dan akan dilakukan jajarannya.

“Saat ini bukan lagi waktunya rapat, tapi kita sudah berbicara aksi nyata. Kekuatan apa yang kita miliki namun tak dimiliki oleh daerah lain, yang juga masuk dalam 50 besar itu," ungkap Surunuddin memberikan arahan.

Baca Juga: Nelayan Wakatobi Hilang Saat Melaut, Perahu Ditemukan Hampir Tenggelam

Bupati dua periode ini memastikan kesiapan alokasi anggarannya, di perubahan anggaran. Dengan peruntukkan misalnya, akses jalan masuk sudah teraspal, adanya rambu rambu penunjuk jalan, hingga kearah lokasi wisata. Tempat duduk, rest area serta tempat tempat sampah diperbanyak.

“Mempertahankan peringkat ke 50 besar itu tidak gampang, makanya kita perlu berupaya dengan maksimal," tegas Surunuddin.

Sementara itu, Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Yesna Suarni memastikan pihaknya bakal mendukung penuh kesuksesan ajang tersebut. Di mana penyediaan bibit bibit, yang menjadi produk unggulan di ajang ADWI 2022, siap disalurkan berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Dilain pihak, Kepala Dinas Pariwisata Konawe Selatan, Adywarsyah Toar menambahkan secara keseluruhan pihaknya sudah bersiap menyambut kedatangan tim penjurian. Terdapat 7 kategori itu : Daya Tarik Pengunjung, Homestay,  Souvenir, Digital dan Konten Kreatif, Toilet Umum,  CHSE dan Kelembagaan Desa.

Baca Juga: Muhaimin Iskandar Masuk Bursa Capres Dukungan IKA PMII Jawa Timur

Keberadaan tempat penginapan atau home stay, berbagai jualan souvernir produksi lokal. Serta penguatan kelembagaan desa. "Kita optimis dapat meraih seperti yang ditargetkan," harap Adywarsyah. (A-Adv)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Musdar

Baca Juga