Sambut Liga 3 2020, Konsel Utama FC Seleksi Pemain Muda

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 15 Juli 2020
0 dilihat
Sambut Liga 3 2020, Konsel Utama FC Seleksi Pemain Muda
Klub asal Konawe Selatan bakal lakukan seleksi pemain untuk hadapi Liga 3 Indonesia. Foto: Muhammad Israjab/Telisik

" Untuk memperoleh hasil maksimal, rencana keikutsertaan KUFC pada Liga 3 tahun 2020 ini, KUFC menggelar program latihan yang sekaligus dijadikan wadah taulent scoating (seleksi) secara terbuka. Seleksi terbuka diselenggarakan di seluruh wilayah Konawe Selatan. "

KENDARI, TELISIK.ID – Angin segar untuk sepakbola tanah air dengan kembali bergulirnya Liga 3 2020 musim ini, diwacanakan dengan sistem home turnamen.

Hal ini berdasarkan hasil rapat virtual antara PSSI dengan Asosiasi Provinsi (Asprov) pada Senin (22/6/2020) lalu, untuk membahas tentang kompetisi amatir tahun 2020 yang belum sempat digelar.

“Saya sebagai Ketua Umum PSSI senang kalau Liga 3 dapat bergulir sebagaimana kami melanjutkan Liga 1 dan 2. Tentu menggulirkan Liga 3 harus mengikuti protokoler kesehatan yang ada. Kami mengapresiasi kerja keras Asprov untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Mereka merupakan ujung tombak PSSI di daerah untuk membina sepak bola, terutama pembinaan usia muda,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari jawapos.com.

Adanya info tersebut membuat klub-klub sepakbola di Indonesia melakukan persiapan, seperti yang dilakukan klub Konsel Utama FC (KUFC) yang berasal dari Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Manager KUFC, Asmun Prameswara Mangidi, mengatakan, untuk mendapatkan hasil maksimal, klubnya bakal melakukan seleksi di seluruh wilayah kecamatan di Konsel.

“Untuk memperoleh hasil maksimal, rencana keikutsertaan KUFC pada Liga 3 tahun 2020 ini, KUFC menggelar program latihan yang sekaligus dijadikan wadah taulent scoating (seleksi) secara terbuka. Seleksi terbuka diselenggarakan di seluruh wilayah Konawe Selatan,” ucapnya saat dihubungi via telpon, Selasa (14/7/2020).

Baca juga: Rp 10 Miliar dari DAK Fisik yang Dipangkas, Dikembalikan ke Pemda

“Karena letak geografis Konsel yang begitu luas, Manajemen KUFC membagi wilayah tujuh tempat pemusatan seleksi yakni Kecamatan Buke, Tinanggea, Angata, Lainea, Palangga Selatan, Ranomeeto dan Wolasi. Peserta seleksi dapat memilih lokasi sesuai dengan jarak tempat seleksi dan domisilinya. Dalam pelaksanaan seleksi ini, KUFC melibatkan 5 pelatih lokal Konawe Selatan yang berlisensi nasional,” tambah Asmun.

Pelatih menyaring 25 pemain terbaik di semua posisi yang selanjutnya diboyong ke Stadion Lababa Silondae untuk pemusatan latihan (training centre) sekitaran bulan September 2020 sampai dengan hari H Liga 3 digelar.

Asmun juga menerangkan, saat ini belum ada sponsor dari pihak manapun. Sehingga Untuk memperoleh dana, Manajemen KUFC mengumpulkan dana dengan memungut biaya pendaftaran peserta, penjualan kostum latihan dengan, Penjualan stiker dan permohonan sumbangan ke Pemda, KONI, Askab PSSI, dan tokoh masyarakat.

KUFC mendaftarkan diri sejak tahun 2018 untuk ikut berlaga di Liga 3. Sehingga klub bermarkas di Andoolo adalah salah satu klub peserta Liga 3 Indonesia sejak tahun 2018.

Ditanya soal jumlah klub asal Sultra yang akan berlaga di Liga 3, Asmun belum tahu secara pasti. Adapun jika ingin berpartisipasi, maka ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

“Jumlah peserta Liga 3 Sultra tahun 2020, biasanya tergantung pendaftar yg memenuhi persyaratan misalnya kepengurusan, lisensi pelatih, dan Asprov PSSI,” bebernya.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga