Sebut Tak Ada Perintah Salat 5 Waktu di Al-Qur'an, Ade Armando: Coba Saja Baca

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 04 November 2021
0 dilihat
Sebut Tak Ada Perintah Salat 5 Waktu di Al-Qur'an, Ade Armando: Coba Saja Baca
Ade Armando pada video yang dibagikan di kanal YouTube CokroTV. Foto: Repro Suara.com

" Dosen Komunikasi itu lantas menyampaikan opini lanjutan dengan menyebutkan bahwa tidak ada perintah salat 5 waktu di dalam Al-Qur'an. Ade meminta publik untuk memeriksa hal tersebut "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando mengungkapkan opini mengejutkan tentang perintah salat bagi umat Islam. Ia menyebutkan bahwa tidak ada perintah salat lima waktu di Al-Qur'an.

Dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, Ade Armando mengeluarkan pernyataan tersebut untuk menanggapi pendapat Imam Masjid New York Shamsi Ali yang menyebut dirinya mengingkari Islam karena tak menjalankan syariat.

Ade awalnya menyinggung soal umat Islam yang masih belum mengerjakan salat lima waktu.

Di mana, dia mempertanyakan apakah hal tersebut bisa dibilang mengingkari syariat Islam.

"Di dunia ini saja banyak sekali muslim yang tidak salat lima waktu. Apakah mereka mengingkari Islam?" ucap Ade Armando pada video yang dibagikan di kanal YouTube CokroTV, pada Senin (1/11/2021).

Dosen Komunikasi itu lantas menyampaikan opini lanjutan dengan menyebutkan bahwa tidak ada perintah salat 5 waktu di dalam Al-Qur'an. Ade meminta publik untuk memeriksa hal tersebut.

"Saya sih salat lima waktu walaupun saya tahu sebenarnya di dalam Al-Qur'an tidak ada perintah salat lima waktu. Coba saja baca Al-Qur'an, Anda tidak akan menemukan ayat yang mengatakan salat itu harus dilakukan lima kali sehari," ujar Ade lagi.

Ade menjalankan, salat lima waktu karena sejak kecil sudah melakukannya dan menganggapnya sebagai bentuk komunikasi kepada Tuhan yang konstan.

"Toh saya melakukannya karena sejak kecil saya salat dan saya merasa perlu berkomunikasi dengan Tuhan secara konstan," tambahnya.

"Tapi saya tidak menganggap teman-teman muslim saya yang tidak melakukan salat, tidak berpuasa, minum wine misalnya sebagai kurang Islam daripada saya atau apalagi sebagai orang yang mengingkari Islam," ujar Ade.

Menurut Ade, sejumlah ayat yang ada di dalam kitab suci umat Islam itu hanya berisi perintah salat tanpa menyebut secara spesifik anjuran untuk melaksanakannya lima kali dalam sehari.

Lebih lanjut, Ade mengatakan, memang ada hadis yang secara khusus menyebutkan perintah salat berdasarkan waktu. Tapi menurutnya, hadis itu hanya memerintahkan untuk salat tiga waktu saja.

"Lho saya kan spesifik bilang bahwa tidak ada kata salat lima waktu dalam Al-Qur'an. Kalau di hadis sih ada. Tapi di hadis juga ada yang bilang tiga," ucapnya.

Dalam video yang sama, Ade juga menyinggung perihal syariat Islam lain yang ada di Al-Qur'an tapi tidak dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Baca Juga: Tak Ragu 'Potong Kepala', Kapolri Copot 7 Pejabat Polisi

Baca Juga: Bertemu PM Shtayyeh, Jokowi Tegaskan Komitmen Indonesia Dukung Perjuangan Palestina

Ade Armando lantas mempertanyakan apakah hal tersebut termasuk bukti bahwa umat Islam di Indonesia mengingkari syariat?

Menurut Ade, tidak ada hukum dan aturan Tuhan yang bisa diberlakukan dengan cara yang sama di sepanjang waktu. Dia menganggap bahwa itu harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Konteks abad Arab ke-7 jauh berbeda dari kondisi Indonesia saat ini. Aturan-aturan dalam Al-Qur'an banyak sekali yang harus disesuaikan dengan kondisi kita saat ini," tandasnya.

Mengutip wikipedia.org, Ade Armando adalah pegiat media sosial dan akademikus berkebangsaan Indonesia.

Dia mengajar di Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), serta di beberapa universitas lainnya pada jenjang sarjana maupun pascasarjana. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga