Sempat Diluluhlantakkan Puting Beliung, Pesantren Al Ihsan Baron Kendari Butuh Uluran Tangan

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Selasa, 04 Januari 2022
0 dilihat
Sempat Diluluhlantakkan Puting Beliung, Pesantren Al Ihsan Baron Kendari Butuh Uluran Tangan
Gedung Ponpes santriwati Al Ihsan Baron Kendari usai diterjang angin puting beliung pada Kamis (23/12/2021) lalu. Foto: Apriliana Suriyanti/Telisik

" Angin itu tak hanya menerbangkan atap-atap kelas, namun juga menyebabkan dua orang ustadzah tertimpa material bangunan "

KENDARI, TELISIK.ID - Duka mendalam dirasakan oleh segenap pengurus dan seluruh santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan Baron Kendari.

Bagaimana tidak, pada Kamis (23/12/2021) lalu, bangunan Ponpes yang beralamat di Jalan Subsidi 2, Kelurahan Anggilowu, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, diporak-porandakan oleh angin puting beliung.

Dua pekan telah berlalu, kini Januari 2022 satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah telah memasuki semester baru.

Jika sepanjang perjalanan menuju Ponpes, Telisik.Id menemukan begitu banyak siswa-siswi tengah perjalanan pulang dari sekolah, lantas Al Ihsan Baron Kendari malah tampak kosong.

Saat ditemui, Ketua Yayasan Ponpes Al Ihsan Baron Kendari, Muhadir bercerita, menurut saksi mata, angin itu tak hanya menerbangkan atap-atap kelas, namun juga menyebabkan dua orang ustadzah tertimpa material bangunan.

Kondisi Ponpes Al Ihsan Baron Kendari. Foto: Apriliana Suriyanti/Telisik

 

Beruntung, para santri yang tengah salat dzuhur tak satupun yang menjadi korban.

Hari itu, pengurus Ponpes mengambil langkah cepat. Mereka menghubungi para orang tua, kemudian santri dan santriwati pun akhirnya dipulangkan.

Sedang korban dilarikan ke rumah sakit, namun nahas, salah satu ustadzah tersebut dipanggil ke pangkuan Allah Subhanahu wa Ta’ala setelah mendapat perawatan medis selama dua hari di rumah sakit.

Selanjutnya, Muhadir mengatakan, pada saat hari kejadian, warga sekitar yang pertama kali hadir melihat kondisi Ponpes dan para korban yang terdampak.

Bangunan Pondok Pesantren Al Ihsan Baron Kendari tanpa atap akibat diterjang puting beliung. Foto: Apriliana Suriyanti/Telisik

 

"Pada saat itu saya sedang tidak berada di Ponpes, saya berada di rumah sakit. Alhamdulillah warga sekitar datang ke sana, melihat dan membantu," katanya, Selasa (4/1/2022).

Kemudian menyusul Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kota Kendari juga turut menyambangi dan menyalurkan bantuan.

Kondisi ruang kelas santriwati Ponpes Al Ihsan Baron Kendari. Foto: Apriliana Suriyanti/Telisik

 

"PMI, Pemkot, juga sudah datang beri bantuan berupa selimut, tenda, dan lain-lain," ujarnya.

Ia mengatakan, kerusakan mencapai ratusan juta rupiah. Saat ini, sedang berlangsung pembangunan kelas darurat untuk para santri ikhwan.

Sementara kelas santriwati beserta asramanya masih dalam tahap menunggu terkumpulnya dana.

Baca Juga: Breaking News: Dua Kios di Kendari Dilalap Si Jago Merah

"Saat ini kami bangun kelas darurat untuk santri laki-laki terlebih dahulu, targetnya sepekan bisa jadi, sedangkan untuk santri perempuan kami alihkan dulu pembelajarannya ke online, karena untuk membangun kelas dan asrama santriwati butuh waktu mungkin sekitar dua bulan," ucap Muhadir.

Untuk Anda yang ingin berinvestasi akhirat, mari turut membantu pembangunan kelas dan asrama santri santriwati Ponpes Al Ihsan Baron Kendari melalui donasi terbaik Anda di nomor rekening BRI 019201037683535 an Telisik Care, atau menghubungi kontak person 0812 4464 3075. (B)

Baca Juga: Kesadaran Masyarakat Kota Kendari Tentang Pencemaran Lingkungan Masih Kurang

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga