Ikan Hiu Paus Terdampar di Sungai Dekat RSUD Kota Kendari

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 02 Januari 2021
0 dilihat
Ikan Hiu Paus Terdampar di Sungai Dekat RSUD Kota Kendari
Warga berusaha mengevakuasi ikan hiu paus yang terdampar di sungai dekat RSUD Kota Kendari. Foto: Ahmad Sadar/Telisik

" Saya kira itu ikan biasa, tapi setelah saya perhatikan ternyata hiu. "

KENDARI, TELISIK.ID - Seekor ikan hiu paus yang berukuran sekira 4 meter, ditemukan terdampar di sungai, tepatnya dekat RSUD Kota Kendari, Sabtu pagi pukul 08:30 Wita.

Diketahui, hiu paus ini sudah terdampar sekitar dua hari yang lalu di sungai dekat Rumah Makan Kampung Bakau, Kota Kendari.

Diungkapkan Haji Lato, warga yang tinggal disana dan melihat langsung hiu tersebut, sejak dua hari lalu dia menemukan ikan itu, sedang berenang di sungai dekat tempat tinggalnya.

"Saya kira itu ikan biasa, tapi setelah saya perhatikan ternyata hiu," ungkap Haji Lato, Sabtu (02/01/2021).

Baca juga: Jelang Pergantian Tahun, Sejumlah Jalan Protokol di Kendari Ramai Lancar

Kemudian lanjut kakek ini, Ia pun membiarkannya pergi begitu saja. Lalu pagi ini, dia mendengar ada hiu ditemukan warga di belakang RSUD Abunawas. Dan hiu itu adalah ikan yang sama dengan yang dilihatnya dua hari lalu.

Kehadiran ikan itu menarik perhatian warga sekitar. Mereka pun berusaha menggiringnya kembali ke laut melalui Sungai Wanggu, tepatnya di bawah jembatan triping.

Kondisi ikan itu tampak memprihatinkan. Ada beberapa luka pada tubuhnya. Dugaan sementara, luka itu akibat terkena kayu dan jerat yang dipasang warga di sungai tersebut.

Sampai saat ini ikan hiu paus tersebut tampak dievakuasi oleh warga bersama petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sultra, untuk dikembalikan ke laut. (B)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga