Semua Warga Muslim di Negara Ini Terancam Tenggelam dan Hilang, Penyebabnya Mengerikan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 31 Maret 2023
0 dilihat
Semua Warga Muslim di Negara Ini Terancam Tenggelam dan Hilang, Penyebabnya Mengerikan
Salah satu negara yang 100 persen penduduknya muslim adalah Maladewa. Di negara ini, warga negaranya secara hukum diwajibkan untuk mengikuti agama Islam. Foto: Tribunnews

" Tidak bisa dipungkiri bahwa Islam merupakan salah satu agama dengan jumlah penganut terbesar di dunia "

MALADEWA, TELISIK.ID - Tidak bisa dipungkiri bahwa Islam merupakan salah satu agama dengan jumlah penganut terbesar di dunia.

Penganut Islam di seluruh dunia tidak tersebar secara merata di seluruh penjuru dunia, tetapi terpusat di beberapa negara saja.

Salah satu negara yang 100 persen penduduknya Muslim adalah Maladewa. Di negara ini, warga negaranya secara hukum diwajibkan untuk mengikuti agama Islam.

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah, Jalanan London Didekor Megah Nuansa Ramadan

Bahkan pada 2008 Undang-Undang di sana menetapkan bahwa non Muslim tidak boleh menjadi warga negara. Alkohol dan menggunakan bikini dilarang keras di negara ini, khususnya di ruang-ruang publik. Tetapi di samping itu, dilansir dari worldpopulationreview.org, Maladewa merupakan negara paling datar dan terendah di dunia.

Dataran tertinggi di negara ini hanya 2,4 meter saja di atas permukaan laut. Itu membuat Maladewa menjadi negara yang terancam tenggelam karena perubahan iklim.

Melansir Jurnalsoerang.com, Mantan Presiden Maladewa Mohamed Nasheed menjadi terkenal dan diperbincangkan dunia. Perhatian itu didapat oleh Nasheed, setelah ia menggelar rapat kabinet di bawah laut. Itu semata-mata dilakukan untuk menarik perhatian publik pada pemanasan global dan pulau-pulau yang tenggelam.

Negara kepulauan yang terkenal dengan pasir putih dan pulau karang sebagai tujuan wisata mewah itu juga kesulitan mendapatkan uang.

Uang tersebut sangat dibutuhkan, untuk membangun infrastruktur penting seperti dinding laut agar pulau-pulaunya tak tenggelam akibat pemanasan global.

Baca Juga: Aturan Ramadan Arab Saudi Picu Kontroversi, Batasi Azan hingga Larang Anak ke Masjid

Sebagai salah satu negara terendah di dunia, lebih dari 80 persen lahan Maladewa berada kurang dari satu meter di atas permukaan air laut.

Itu artinya, populasi Maladewa sebanyak 530.000 jiwa sangat rentan pada gelombang laut, gelombang badai, dan cuaca buruk.

Tsunami Samudera Hindia pada 2004 silam telah mengakibatkan kerugian sekitar USD 470 juta atau 62 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Maladewa. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga