adplus-dvertising

Sering Merasa Lelah? Coba Konsumsi 6 Jenis Makanan Sehat Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 16 Agustus 2021
452 dilihat
Sering Merasa Lelah? Coba Konsumsi 6 Jenis Makanan Sehat Ini
Seorang pegawai yang cepat merasa lelah. Foto: Repro home.bt.com

" Kelelahan memang wajar namun bisa menganggu aktivitas harian Anda. Dalam hal ini, asupan yang Anda konsumsi bisa pengaruhi tingkat kelelahan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang menghambat Anda agar selalu produktif adalah kelelahan. Alhasil, perencanaan kerja yang sudah diatur tidak ada yang selesai.

Mengutip dari alodokter.com, lelah merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan energi, baik secara fisik maupun emosional. Penyebab munculnya rasa lelah sangatlah beragam, seperti aktivitas berlebihan, kurangnya waktu istirahat, stres, pola makan kurang baik, dan gaya hidup tidak sehat.

Kelelahan memang wajar namun bisa menganggu aktivitas harian Anda. Dalam hal ini, asupan yang Anda konsumsi bisa pengaruhi tingkat kelelahan. 


Olehnya itu, asupan makanan atau minuman ini sangat berpengaruh terhadap rutinitas Anda, bahkan dapat menentukan energi dalam diri Anda, apakah cepat lelah atau tahan lama.

Melansir dari Healthline yang dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, ada beberapa asupan yang bisa meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan, antara lain:

1. Makanan yang belum diproses

Sementara burger keju dan kentang goreng mungkin menenangkan saat Anda memakannya, namun nilai gizinya rendah. Makanan olahan, seperti beberapa makanan kemasan atau kaleng, permen, makanan kotak, dan daging yang dimasak sebelumnya biasanya penuh dengan pengawet, aditif, natrium, lemak trans, dan bahan buatan yang dapat memperlambat Anda.

Oleh karena itu, makanan asupan utuh seperti sayur dan buah bisa membantu. 

2. Buah dan sayuran segar

Semakin segar makanan Anda, semakin banyak nutrisi yang dikandungnya. Tidak seperti makanan olahan yang mungkin kehilangan nutrisi karena umur simpan yang lebih lama, makanan segar biasanya mengandung nutrisi yang lebih tinggi. 

3. Minuman Kafein

Konsumsi kafein dalam jumlah sedang memang tak masalah dan telah terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan. Meskipun memberikan dorongan jangka pendek, kafein akan memberikan energi dalam tubuh. 

4. Protein tanpa lemak

Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, dan ikan tetap menyediakan protein berkualitas, tetapi mengandung lebih sedikit lemak jenuh. Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, dapat menambahkan lemak sehat yang bermanfaat untuk jantung.

Baca Juga: Penelitian Ini Sebut Perempuan Lebih Berumur Panjang dari Pria, Tapi Tak Lebih Sehat

Baca Juga: Apa Benar Bawang Putih Bisa Bikin Tahan Lama Bercinta? Berikut Penjelasannya

5. Biji-bijian utuh dan karbohidrat kompleks

Memilih makanan biji-bijian dan karbohidrat kompleks memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan manfaat penuh dari kulit biji-bijian yang menambahkan serat ke dalam makanan Anda.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan terbaik untuk mengalahkan rasa lelah dan melawan rasa lapar. Mendapatkan berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian dalam makanan Anda dapat memberikan nutrisi dan energi yang sehat.

Untuk kacang-kacangan, Anda bisa mencoba kacang jenis almond, kacang Brazil, kacang mete, hazelnut, pecan, serta walnut. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga