Catat, 2 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Jadi Obat Demam

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 21 Desember 2021
0 dilihat
Catat, 2 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Jadi Obat Demam
Ilustrasi seorang anak demam. Foto: Repro klikdokter.com

" Untuk menurunkan demam, tak hanya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat medis, ada pula bahan-bahan alami yang juga berperan sebagai obat demam alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Demam sering kali dialami seseorang. Saat badan kurang enak, obat demam kerap menjadi pilihan utama untuk meredakan demam.

Mengutip halodoc.com, demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas 38 derajat celsius yang umumnya merupakan respons tubuh terhadap penyakit.

Suhu tubuh yang meningkat atau demam sebenarnya merupakan salah satu cara sistem kekebalan tubuh manusia untuk memerangi infeksi.

Ternyata, untuk menurunkan demam tak hanya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat medis, ada pula bahan-bahan alami yang juga berperan sebagai obat demam alami.

Dikutip dari alodokter.com, berikut ini dua bahan alami yang kerap digunakan untuk menurunkan demam:

1. Daun sambiloto

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun sambiloto memiliki efek antiradang yang dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh akibat demam.

Manfaat tersebut berasal dari senyawa andrographolide dan polifenol di dalamnya, yang diketahui berkhasiat untuk mengobati radang dan demam.

Untuk menggunakan daun sambiloto sebagai obat demam, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jamu, jus, atau air rebusan daun sambiloto.

2. Daun buah pepaya

Sejumlah senyawa antioksidan yang terdapat di dalam daun buah pepaya, seperti alkaloid, terpenoid, flavonoid, dan saponin, diketahui bersifat antiradang. Inilah alasan mengapa daun pepaya dianggap mampu untuk mengatasi demam.

Khasiat daun pepaya untuk demam tersebut, dapat Anda peroleh dengan cara mengolahnya terlebih dahulu menjadi air rebusan atau suplemen berisi ekstrak daun pepaya.

Namun, efektivitas dan keamanan daun sambiloto dan daun pepaya sebagai obat demam alami masih memerlukan uji klinis lebih lanjut, sehingga Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Anda Demam? Yuk, Kenali Beragam Obat Penurun Suhu Tubuh

Selain mengonsumsi obat demam, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat mengalami demam, yaitu:

- Mengonsumsi banyak cairan, minimal 8 gelas sehari

- Mencukupi waktu istirahat, setidaknya 7–9 jam setiap harinya

- Mengompres badan dengan air hangat

- Menggunakan air hangat untuk mandi

- Mengenakan pakaian tipis

Baca Juga: Ingin Hilangkan Kerutan di Wajah secara Alami? Yuk Lakukan 6 Cara ini

Apabila ternyata demam tidak turun juga meski sudah melakukan pengobatan herbal dan penanganan mandiri tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga