Siswi SMAN 1 Kendari Terpilih sebagai Duta SMA Sulawesi Tenggara

Nur Fauzia, telisik indonesia
Senin, 07 Oktober 2024
0 dilihat
Siswi SMAN 1 Kendari Terpilih sebagai Duta SMA Sulawesi Tenggara
Duta SMA Sulawesi Tenggara tahun 2024, Afifah Arif Mansur. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Afifah Arif Mansur, siswi kelas 12 G1 dari SMA Negeri 1 Kendari, berhasil meraih prestasi membanggakan dengan terpilih sebagai Duta SMA Sulawesi Tenggara tahun 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Afifah Arif Mansur, siswi kelas 12 G1 dari SMA Negeri 1 Kendari, berhasil meraih prestasi membanggakan dengan terpilih sebagai Duta SMA Sulawesi Tenggara tahun 2024.

Saat ditemui di sekolahnya, Afifah menjelaskan bahwa untuk terpilih sebagai Duta SMA, ia harus melewati beberapa tahap seleksi, mulai dari pengumpulan berkas prestasi akademik dan non-akademik, studi kasus, hingga wawancara.

Menurutnya, Duta SMA adalah platform yang menjadikan siswa SMA sebagai role model bagi teman sebaya. Program ini diadakan oleh Kemendikbudristek, Direktorat SMA, yang menghadirkan 38 duta dari setiap provinsi.

Baca Juga: Usia 24 Tahun, Wahyu Sulaiman Anggota DPRD Sultra Termuda Resmi Dilantik

"Untuk Sulawesi Tenggara, dua orang diutus ke pusat, yaitu saya dan teman saya dari SMA N 1 Kolaka. Namun, yang terpilih sebagai Duta SMA Sulawesi Tenggara adalah saya," ujarnya, Senin (7/10/2024).

Sebelum terpilih, Afifah telah memiliki segudang prestasi. Ia pernah menjadi Duta Museum Sultra tahun 2023, parlemen remaja DPR RI, serta perwakilan Sultra di ajang Indonesia Student Forum.

"Kunci sukses adalah menggali potensi diri sejak dini. Saya mengajak teman-teman untuk aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler, sehingga kita bisa menemukan minat dan bakat yang kita miliki," tambah Afifah.

Dukungan keluarga, terutama dari kedua orang tuanya, menjadi faktor penting dalam pencapaian Afifah. Ibunya, Murni, dan ayahnya, Arif Mansur Makmur, yang juga seorang pendidik, selalu memberikan motivasi dan dukungan.

Kepala SMA N 1 Kendari, Ruslan, merasa bangga dengan prestasi siswa-siswinya, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Baca Juga: La Ode Tariala Jabat Ketua Sementara DPRD Sulawesi Tenggara

"Saya berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Jangan cepat berpuas diri; tetap belajar dan kembangkan potensi dengan bimbingan bapak ibu guru di sekolah," pesan Ruslan.

Sementara itu, Wali Kelas 12 G1 SMAN 1 Kendari, Wa Numini, menjelaskan bahwa Afifah adalah siswi yang sangat aktif dan antusias, terutama dalam mata pelajaran PPKn.

"Dia sangat responsif. Ketika saya memberikan pertanyaan, idenya selalu luar biasa. Saya sangat senang ia berhasil menjadi Duta SMA. Walaupun saya baru beberapa bulan menjadi wali kelasnya, saya merasa bangga memiliki siswi seperti Afifah," tutupnya. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga