Sri Mulyani Rincikan Dana PON XX Papua Capai Puluhan Triliun Rupiah

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Senin, 04 Oktober 2021
0 dilihat
Sri Mulyani Rincikan Dana PON XX Papua Capai Puluhan Triliun Rupiah
Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati. Foto: Repro antaranews.com

" Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati membeberkan besaran dana yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur maupun lainnya dalam ajang kebanggan nasional itu "

JAKARTA,TELISIK.ID – Gelaran empat tahunan, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, dipusatkan di Stadion Lukas Enembe yang secara resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Jokowi mengajak untuk merayakan PON XX ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta kebersamaan, kesetaraan dan persatuan dan kesatuan bangsa.

Namun di balik kemegahan gelaran PON XX, tentu memiliki jumlah anggaran yang fantastis bahkan tak tanggung-tanggung mencapai puluhan triliun rupiah.

Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati membeberkan besaran dana yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur maupun lainnya dalam ajang kebanggan nasional itu.

"Biaya persiapan dan penyelenggaraan PON ke-20 di Papua dibiayai sejak 2018-2021 oleh APBN (#uangkita)," tulis Sri Mulyani dikutip dalam akun instagram pribadinya @smindrawati, Senin (4/10/2021).

Dana tersebut disalurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang terdiri dari Dana Otonomi khusus (DOtsus), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Khusus Fisik (DAKF) dan Belanja Kementerian Lembaga atau dana KL (PUPR, Perhubungan, Menpora, Kominfo, TVRI/REI).

"Tahun 2018 (melalui) DTI Rp 881,5 miliar (dan) KL Rp 211,2 miliar," ungkap Sri Mulyani.

Kemudian pada tahun 2019, Sri Mulyani mengatakan dana yang disalurkan melalui Dana Tambahan Infrastruktur (DTI) sebesar Rp 715,5 miliar, DOtsus Rp 1,10 triliun, DBH Rp 1,708 triliun, DAKF Rp 82,53 miliar dan Kementerian Lembaga Rp 758,93 miliar. Sehingga total pendanaan di tahun 2019 mencapai sekitar Rp 4,368 triliun.

Baca Juga: Kunker di Sorong, Ini Agenda Presiden Jokowi

Baca Juga: Gugat AD/ART Demokrat, Yusril Sindir Mahfud hingga Prof Jimly

Berlanjut di tahun 2020, pendanaan PON dirinci berasal dari DTI sebesar Rp 140,5 miliar, DOtsus sebesar Rp 1,44 triliun, DAK Fisik sebesar Rp 18,55 miliar dan KL sebesar Rp 999,66 miliar.

Kemudian terakhir, PON XX mendapatkan tambahan dana di tahun 2021 dari KL sebesar Rp 793,73 miliar ditambah bantuan pemerintah pusat melalui Kemenpora ke Papua sebesar Rp 1,58 triliun.

"Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua. Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini," ujar Sri Mulyani.

Dengan demikian, jika pendanaan dari tahun 2018-2021 ditotalkan maka akan mencapai kurang lebih sekitar Rp 10,431 triliun. (C)

Reporter : M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga