Sudah 5 Hari Kasus Positif di Kendari tidak Bertambah, Pasien Sembuh Bertambah

Musdar, telisik indonesia
Senin, 11 Mei 2020
0 dilihat
Sudah 5 Hari Kasus Positif di Kendari tidak Bertambah, Pasien Sembuh Bertambah
Lima hari terakhir, kasus positif COVID-19 di Kota Kendari tidak bertambah. Justru pasien sembuh yang bertambah. Foto: Repro Google.com

" Tidak ada penambahan pasien baru, namun ada pasien sembuh. "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada perkembangan positif kasus COVID-19 di Kota Kendari. Sejak 5 Mei 2020, pasien positif tidak mengalami penambahan. Tentu saja fakta ini membuat kita berharap wabah ini akan segera berakhir.

Kasus positif masih bertahan di angka 34 orang, sembilan orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh, dua meninggal dunia dan 23 orang masih dalam perawatan medis.

Pada sisi lain, kasus pasien sembuh sejak 5 Mei 2020 mengalami peningkatan dari delapan orang menjadi sembilang orang.

Kasus sembuh diumumkan Juru Bicara Sagtas COVID-19 Kota Kendari, Alghazali Amirullah, yang mencatat kasus sembuh terupdate merupakan seorang laki-laki, 48 tahun asal Kecamatan Wua-wua.

Baca juga: Tujuh Keluarga Pasien COVID-19 Konsel Negatif

"Tidak ada penambahan pasien baru, namun ada pasien sembuh," terang dr. Alghazali, Minggu (10/5/2020).

Meskipun menunjukkan perkembangan yang baik, Aghazali meminta kepada masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan diri.

Kewaspadaan diri diharapkan mampu menghambat laju penularan COVID-19 yang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, apalagi Kota Kendari sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara, sudah ditetapkan sebagai wilayah transmisi lokal penyebaran virus asal negeri tirai bambu ini.

"Kami terus mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik dulu, menghindari kerumunan dengan menerapkan physical distancing dan social distancing serta yang tidak kalah penting agar senantiasa menggunakan masker, dengan begitu kita melindungi diri kita dan melindungi orang lain," jelas Alghazali.

Sedangkan untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sejak 5 Mei 2020, sampai dengan 10 Mei 2020, jumlahnya tidak mengalami perubahan.

Baca juga: Satu Lagi Pasien Positif COVID-19 Kota Kendari Dinyatakan Sembuh

Tercatat sampai dengan saat ini berjumlah ada 137 orang, 136 orang di antaranya sudah sembuh dan satu orang masih dalam pemantauan.

Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sejak 5 Mei 2020, tercatat ada 33 orang masih berstatus PDP, 30 orang di antaranya sudah dinyatakan selesai pengawasan dan tiga orang masih dalam pengawasan.

Pada tanggal 10 Mei 2020, tercatat ada perubahan data yang cukup signifikan. Tercatat sampai dengan 10 Mei 2020, total PDP berjumlah 42 orang, 33 orang sudah dinyatakan selesai pengawasan dan sembilan orang masih dalam pemantauan.

Reporter: Musdar

Editor: Rani

Baca Juga